Dark/Light Mode

Lestarikan Satwa Langka

Borneo Orangutan Survival Puji Konsep Green City IKN

Minggu, 19 Juni 2022 10:41 WIB
Manager Program Regional Kaltim LSM Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo atau Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, Aldrianto Priadjati. (Foto: Istimewa)
Manager Program Regional Kaltim LSM Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo atau Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, Aldrianto Priadjati. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manager Program Regional Kaltim LSM Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo atau Borneo Orangutan Survival (BOS) Foundation, Aldrianto Priadjati mengaku sangat gembira dan menunggu realisasi dari konsep Green City yang bakal diaplikasikan di dalam Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Pasalnya, konsep green city tersebut diyakini bisa mengakomodir kepentingan mereka dalam pengelolaan kawasan hijau di tengah format besar Ibu Kota Negara.

"Kami selaku pengelola Samboja Lestari tentu sangat bangga bahwa Samboja  Lestari yang peduli dengan persoalan isu lingkungan hidup dan penyelamatan satwa langka Orangutan, merupakan bagian integral dari kawasan IKN Nusantara," kata Aldrianto kepada wartawan di Sekretariat Konservasi Orang Hutan Samboja Lestari, Desa Margomulyo, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), belum lama ini.

Baca juga : Fahmi Idris Dimakamkan Satu Liang Dengan Istri Pertama

Aldrianto mengatakan, konsep green city tersebut jelas sangat menguntungkan pengembangan ekowisata atau destinasi wisata berbasis lingkungan hidup di IKN Nusantara. Apalagi saat ini, jarak waktu tempuh ke Samboja Lestari hanya butuh waktu 30 menit dari Titik Nol Kawasan IKN Nusantara.

"LSM BOS yakin dan mampu berpartisipasi wujudkan Green City IKN Nusantara," ujarnya.

Oleh sebab itu, Aldrianto mengatakan, pihaknya ingin memberikan sumbangsih tentang apa yang sudah mereka lakukan dan sedang dilakukan terkait pelestarian lingkungan bagi kawasan IKN Nusantara.

Baca juga : Bupati Langkat Soal Satwa Langka: Demi Tuhan Itu Titipan

"Semoga IKN bisa mewujudkan hutan kota atau green city yang bernuansa alam Borneo," sambungnya.

Diterangkan Aldrianto, bahwa konsep green city di IKN Nusantara selaras dengan program Samboja Lestari yang dikembangkannya saat ini.

Mereka ingin melakukan pelestarian habitat Orangutan dan lingkungannya yang dirintis sejak tahun 1991, yakni menghijaukan kawasan tandus di Samboja, dari lahan kering daan gundul dengan semak rumput ilalang seluas 1.800 Ha. "Kita hijaukan dengan tanaman lokal, endemi, tanaman asli kalimantan," harapnya.

Baca juga : Menteri Teten: Sudah Waktunya Kacang Koro Jadi Substitusi Kedelai Impor

Ditambahkan Aldrianto, setidaknya di kawasan Samboja Lestari, pihaknya sudah melakukan konservasi satwa langka endemi Kalimantan. "Ada 124 orangutan dan 72 beruang madu," sebutnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.