Dark/Light Mode

Hadiah Kejutan, Juara Putri Otonomi Indonesia 2022 Jabat Wamendagri Sehari

Senin, 20 Juni 2022 20:53 WIB
Wamendagri John Wempi Wetipo didampingi Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyematkan Mahkota Juara Putri Otonomi Indonesia 2022 ke Gresita Fenny Yohana Siahaan di malam grand final pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2022, di Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6). (Foto: Dok. Apkasi)
Wamendagri John Wempi Wetipo didampingi Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyematkan Mahkota Juara Putri Otonomi Indonesia 2022 ke Gresita Fenny Yohana Siahaan di malam grand final pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2022, di Kabupaten Bogor, Sabtu (18/6). (Foto: Dok. Apkasi)

 Sebelumnya 
Gresita diharapkan mampu mewakili generasi muda yang bisa memiliki pemahaman yang utuh terhadap pelaksanaan otonomi daerah yang ke depan siap menerima tongkat estafet kepemimpinan nasional dalam koridor NKRI dan semangat Bhinneka Tunggal Ika. 

Di ajang Final Pemilihan Putri Otonomi Indonesia 2022, selain Gresita Fenny Yohana Siahaan terpilih sebagai juaranya, tampil juga para pemenang lainnya. Di antaranya, Juara Runner-up 1 diraih Faradissa Djasmine Anderson (Kabupaten Kebumen), Juara Runner-up 2 diraih Safira Hasna Nada (Kabupaten Banyumas), Juara Runner-up 3 diraih Shafira Zahrah Nabilla (Kabupaten Bandung) dan Destika Meilani Almusyarofah (Kabupaten Bogor) tampil Juara Favorit. 

Baca juga : Ketua MPR Ajak Putri Otonomi Serukan Pesan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Selain itu, ada juga 7 pemenang duta, masing-masing Widyah Agustivany (Kabupaten Dharmasraya) sebagai Duta Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Rizqita Cahyani Mulia (Kabupaten Kotawaringin Timur) sebagai Duta Investasi, Bonanza Octyokora Fayaseaco Putri Mandalika (Kabupaten Serang) sebagai Duta Anti Narkoba, Estevina Fiona Gabriel Dien (Kabupaten Minahasa) sebagai Duta Energi Terbarukan, Susiko Loipebina Ginting (Kabupaten Karo) sebagai Dita Lingkungan Hidup, Nur Latifah (Kabupaten Deli Serdang) sebagai Duta Empat Pilar Kebangsaan dan Aqeela Jenifer Thurai (Kabupaten Karanganyar) sebagai Duta Keluarga Berencana. 

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan menjelaskan, event Putri Otonomi Indonesia ini dimaksudkan untuk menjaring para putri daerah yang memiliki prestasi namun selama ini belum dioptimalkan. "Apkasi melihat sesungguhnya banyak sekali putri-putri daerah kabupaten yang memiliki talenta yang menjanjikan untuk diangkat ke level nasional, bahkan internasional," terang Bupati Dharmasraya ini.

Baca juga : Cegah Dehidrasi, Jemaah Haji Indonesia Diminta Jangan Lupa Minum Air

Sutan Riska menambahkan, Apkasi memiliki kewajiban moral untuk memfasilitasi talenta-talenta daerah ini sekaligus menjadikan para generasi muda sebagai penyambung lidah Apkasi dan ujung tombak serta wajah otonomi daerah untuk bisa mengeksplorasi berbagai komoditi unggulan, peluang investasi, destinasi wisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki 416 pemerintah kabupaten selaku anggota Apkasi. "Mereka diharapkan mampu menerjemahkan makna otonomi daerah secara luas dengan bahasa-bahasa yang luwes dan menjadi influencer di kalangan anak muda untuk menularkan spirit yang sama dan lebih aware dengan potensi-potensi di sekitarnya," tukasnya.

Ketua Pelaksana Putri Otonomi Indonesia 2022 Sarman Simanjorang menjelaskan, Putri Otonomi Indonesia merupakan brand baru setelah sebelumnya menggunakan nama Putri Otonomi Daerah (POD). “Kegiatan ini telah berlangsung selama 4 kali yakni pada 2017, 2018, 2019, dan 2021,” ucapnya.

Baca juga : Ketum IMI Apresiasi Kesiapan Penyelenggaraan FIM MXGP Of Indonesia 2022 Di Samota NTB

Tahun ini, lanjut Direktur Eksekutif Apkasi ini, minat daerah untuk mengikuti Putri Otonomi Indonesia sangat tinggi. "Setidaknya sekitar 100 lebih daerah yang mendaftarkan putrinya, namun setelah diseleksi administrasi terjaring 35 peserta yang lolos mengikuti seleksi tatap muka di Kabupaten Bogor. Dari 35 finalis kemudian diseleksi secara ketat hingga muncul nama 22 besar," tambahnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.