Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tulisan Denny JA Soal Eril Di Facebook Dibagikan Lebih 71 Ribu Kali

Selasa, 21 Juni 2022 09:54 WIB
Postingan tulisan Denny JA soal Emmeril Khan Mumtadz di Facebook. (Foto: Facebook Denny JA_World)
Postingan tulisan Denny JA soal Emmeril Khan Mumtadz di Facebook. (Foto: Facebook Denny JA_World)

RM.id  Rakyat Merdeka - Publik menyukai berita yang menyentuh, sensasional, apalagi tentang kisah keluarga dari tokoh yang dikenal. Begitu kata penulis yang juga pendiri lembaga survei Lingkaran Survei Indonesia Denny JA, Denny Januar Ali mengenai tulisannya di akun Facebook-nya, Denny JA_World, yang hingga Selasa (21/6), sudah di-share sebanyak lebih dari 71 ribu kali.

Tulisan itu pertama kali diunggah Denny 4 Juni 2022. Tepat 26 Mei 2022, Emmeril Khan Mumtadz (Eril), putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diberitakan hilang ketika sedang berenang di Sungai Aare, Swiss.

Kala itu, Eril sedang dalam proses mengurus sekolah lanjutan di negara itu. Bersama banyak orang lain, Eril berenang di Sungai Aare, yang terkenal indah. Eril lantas ditemukan 8 Juni 2022. Sekitar dua pekan sejak ia hilang.

Menurut Denny JA, tulisannya soal Eril memenuhi lima syarat yang acapkali membuat sebuah postingan di media sosial banyak di-share. Pertama, prinsip popularitas. Kisah Eril itu kisah yang populer yang diberitakan berulang-ulang.

Baca juga : Gus Jazil Ingin Lebih Banyak Santri Nyebur Ke Politik

Tulisan Denny mempersonalisasi atas berita populer, dengan mengangkat sisi yang sangat menyentuh hati. Yakni meonjolkan sisi human interest, ekspresi kata-kata dari Ibunda Eril di akun instagram-nya.

"Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, di mana pun kamu berada. Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus."

Kedua, prinsip tulisan yang timeless, tak mudah basi. Tulisan yang dishare dalam durasi yang panjang, berhari-hari, adalah tulisan yang selalu relevan. Tulisan soal Eril itu mencakup durasi berita yang panjang.

Ada momen ketika Eril hilang. Ada pula momen pencarian Eril berhari-hari yang melibatkan pemerintah setempat. Lalu ada momen Eril ditemukan. Ada momen Eril kembali ke tanah air hingga momen pemakaman.

Baca juga : Kita Lebih Baik Dari Malaysia

"Satu peristiwa namun banyak momen. Ini membuat kisah Eril selalu layak berita dalam waktu berminggu-minggu," ungkap Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena ini.

Ketiga, adalah prinsip lokalitas. Bahwa tulisan itu tentang sesuatu yang berada di dekat dan sekitar. Tulisan soal Eril adalah kisah orang Indonesia, walaupun ia tenggelam di sungai di Swiss.

Namun perasaan sebagai sesama orang Indonesia, sesama orang Jawa Barat, sesama orang Bandung, membuat begitu banyak orang merasa terlibat secara emosional dengan kisah itu.

Keempat, prinsip signifikan. Tulisan yang banyak di-share adalah yang memiliki efek signifikan karena menyangkut emosi orang banyak. Semakin banyak orang merasa terdampak oleh sebuah tulisan, semakin tulisan itu di-share.

Baca juga : Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Apresiasi Masyarakat Yang Mudik Lebih Awal

Dampak di sini tak harus dampak fisik dan langsung. Dampak ini berkaitan dengan rasa ingin tahu dan rasa tersentuh banyak orang. "Tulisan soal Eril memiliki karakter signifikan itu," sebutnya.

Kelima, prinsip novelty atau sensasi. Semakin sebuah tulisan itu soal sesuatu yang baru atau sensasional, semakin ia di-share. Berita putra gubernur Jawa Barat dari Indonesia tenggelam dan hilang di sungai di Swiss termasuk kisah sensasional. Berita ini mensimulasi percakapan luas, dari percakapan politik di istana hingga di warung kopi.

Lima unsur ini membuat tulisan Denny di Facebook DennyJA_World di-share lebih dari 71 ribu kali.

"Sudah lebih dari sepuluh tahun saya aktif di Facebook. Tulisan soal Eril termasuk yang paling banyak di-share. Tulisan soal Eril hanya kalah dishare oleh tulisan analisa soal prediksi siapa yang menang dalam pilpres di tahun 2014 dan 2019," akunya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.