Dewan Pers

Dark/Light Mode

RRI Buka Program Magang Mahasiswa Kampus Merdeka

Kamis, 23 Juni 2022 20:27 WIB
Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) LPP RRI Yonas Markus Tuhuleruw saat konferensi pers program magang kerjasama antara LPP RRI dengan Program Kampus Merdeka, Kemendikbud Ristek, di Jakarta, Kamis (23/6). (Foto: Istimewa)
Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) LPP RRI Yonas Markus Tuhuleruw saat konferensi pers program magang kerjasama antara LPP RRI dengan Program Kampus Merdeka, Kemendikbud Ristek, di Jakarta, Kamis (23/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) membuka kesempatan mahasiswa untuk magang selama satu semester (5 bulan). Kegiatan magang ini adalah kerjasama antara LPP RRI dengan Program Kampus Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).             

Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU) LPP RRI Yonas Markus Tuhuleruw, mengatakan hal itu di Jakarta, Rabu (22/6).             

Mahasiswa di seluruh Indonesia dari semua jurusan bisa ikut program ini, dengan syarat sudah duduk di semester 5 ke atas. RRI akan mendidik para mahasiswa untuk bisa menjadi wartawan yang mampu menulis teks di media online, bisa bersiaran sebagai reporter radio dan mampu mengoperasikan video (audio visual).              

Diharapkan, mahasiswa akan bisa bertindak sebagai wartawan berbagai jenis media. Nama program ini adalah Magang Bersertifikat: Wartawan Multi Media dan Multi Platform.             

Berita Terkait : Pemprov DKI Dukung Program Daur Ulang Sampah Plastik

Program magang ini akan berlangsung selama satu semester atau 5 bulan dan setara dengan 20 SKS. Dua bulan pertama akan ada pembekalan berupa teori dan praktik jurnalistik tulis (teks), jurnalistik audio dan jurnalistik audio visual.

Pembekalan ini akan dipusatkan di Jakarta. Semua peserta magang mahasiswa, sekitar 50 orang, akan ditempatkan di Jakarta selama dua bulan.             

"Para mahasiswa akan mendapat insentif selama di Jakarta dalam Program Kampus Merdeka Kemendikbudristek," kata Yonas. Namun Yonas belum bisa memberi rincian besaran insentif itu.             

Setelah itu, tiga bulan berikutnya, mahasiswa akan diminta kembali ke kampus asal mereka sebagai koresponden magang RRI dengan kewajiban membuat liputan berita ke RRI sesuai dengan penugasan yang diberikan. Dalam periode ini mahasiswa akan ditempa untuk menjadi wartawan yang profesional.               

Berita Terkait : Rektor Unhan Buka Diksarmil Calon Kadet Mahasiswa S1 Co-3 Di Magelang

Sementara Direktur Program dan Produksi LPP RRI, Mistam mengatakan, program Magang Kampus Merdeka ini sangat penting bagi RRI juga bagi mahasiswa sebagai generasi muda terdidik.

Di satu sisi, RRI berharap bisa mendapatkan sumber daya manusia yang unggul kelak dan mahasiswa bisa memperoleh ilmu dan pengalaman praktis di bidang media. Alumni peserta magang tidak harus bekerja di RRI. Mereka bebas berkarir di manapun.             

Lebih lanjut, Mistam mengatakan bahwa program magang ini juga merupakan salah satu pengejawantahan RRI sebagai media penyiaran publik. RRI berusaha melibatkan sebesar besarnya peran serta masyarakat dan memberi kesempatan seluas-luasnya bagi anak bangsa untuk ikut serta membangun RRI.               

"Ini program bukan untuk satu dua bulan ke depan. Ini program untuk masa depan RRI, karena yang kita gandeng adalah generasi muda harapan bangsa," kata Mistam.

Berita Terkait : Bunga Melati Pemalang Warnai Pengembangan Kampung Florikultura

Pendaftaran peserta magang dibuka mulai Rabu 22 Juni 2022 sampai 10 Juli 2022 melalui https://bit.ly/MSIB3RRI2022. Peserta yang lolos akan diumumkan tanggal 20 Juli 2022. Sedangkan pelaksanaan magang akan dilakukan mulai 1 Agustus-20 Desember 2022. ■