Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Rektor Unhan Buka Diksarmil Calon Kadet Mahasiswa S1 Co-3 Di Magelang

Senin, 20 Juni 2022 20:26 WIB
Rektor Unhan Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian (kedua kiri) membuka Diksarmil Calon Kadet Mahasiswa S1 Cohort-3, di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/6). (Foto: Dok. Unhan)
Rektor Unhan Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian (kedua kiri) membuka Diksarmil Calon Kadet Mahasiswa S1 Cohort-3, di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/6). (Foto: Dok. Unhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksdya TNI Prof Amarulla Octavian secara resmi membuka Pendidikan Dasar Kemiliteran (Diksarmil) Calon Kadet Mahasiswa S1 Cohort-3, di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Senin (20/6).

Dalam keterangan resmi Unhan disebutkan, upacara terselenggara dengan khidmat diikuti 301 Calon Kadet Mahasiswa S1 dari 10 Program Studi (Prodi) di bawah Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas Farmasi Militer, Fakultas MIPA Militer, dan Fakultas Teknik Militer.

Baca juga : Rektor Unhan Jadi Panelis Roundtable Discussion Huawei Asia-Pacific Digital Di Singapura

Para Calon Kadet Mahasiswa telah lulus seleksi secara ketat yang dilakukan secara online dan offline. Secara online meliputi tes potensi skolastik, TOEFL, dan tes IQ-Psiko. Sedangkan tes offline meliputi tes kesehatan jiwa, tes kesehatan fisik, tes mental-ideologi, tes wawancara akademik, dan tes kesemaptaan jasmani.

Upacara itu dihadiri Wakil Gubernur Akmil Brigjen TNI Erwin beserta staf dan para guru militer/instruktur, para pejabat dari Kementerian Pertahanan, para Wakil Rektor Unhan, para Dekan Unhan, dan para pejabat pemerintah daerah.

Baca juga : Kemenkes Ungkap Baru 76 Persen Calon Jemaah Haji Divaksin Lengkap

Diksarmil akan berlangsung selama 2 bulan hingga akhir Agustus 2022. Tujuan Diksarmil adalah pembentukan karakter dan mental pejuang Sapta Marga, fisik yang tangguh dan keterampilan prajurit sejati.

Para Calon Kadet Mahasiswa akan ditempa dan digembleng dengan berbagai teknik kesenjataan dan taktik tempur perorangan dan satuan. Kurikulum dan metode Diksarmil yang diberikan menggunakan standar kompetensi akademi militer yang ditetapkan Danjen Akademi TNI.

Baca juga : Advokat ini Usul Penegakan Kode Etik Advokat Dikembalikan Ke Mahkamah Agung

Setelah Diksarmil di Magelang, para Calon Kadet Mahasiswa akan kembali ke Kampus Unhan di Bogor. Selanjutnya, para Calon Kadet Mahasiswa akan mengikuti pendidikan akademik sesuai dengan Prodi masing-masing.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.