Dark/Light Mode

Yang Belum Divaksin Booster

Siap-siap, Biaya Pasien Covid Tidak Gratis Lagi

Jumat, 24 Juni 2022 06:55 WIB
Ilustrasi. Warga menerima vaksinasi Booster Covid-19 di Taman Pemuda Pratama, Depok, Jawa Barat. (Foto : PATRARIZKI SYAHPUTRA/RM)
Ilustrasi. Warga menerima vaksinasi Booster Covid-19 di Taman Pemuda Pratama, Depok, Jawa Barat. (Foto : PATRARIZKI SYAHPUTRA/RM)

 Sebelumnya 
Luhut mengatakan, meski rasio okupansi tempat tidur pera­watan pasien (Bed Occupancy Ratio/ BOR) masih tergolong rendah, begitu juga dengan tingkat kapasitas rumah sakit dan angka kematian, masyarakat diminta tetap waspada. Sebab, di seluruh dunia jumlah kasus Covid-19 sedang naik.

Netizen rame menanggapi usulan tidak menggratiskan biaya bagi pasien Covid-19 yang belum divaksin booster.

Akun @Othe mengatakan, masih minimnya capaian vak­sinasi dosis ketiga atau booster terjadi bukan karena masyarakat enggan divaksin. Namun, akses untuk mendapatkan vaksin masih sulit. “Sebaiknya infor­masi lokasi vaksinasi booster lebih disebarluaskan melalui RT/ RW,” katanya.

Baca juga : Paloh Cs Minta Tidak Dicurigai

Menurut @Breketek19, masyarakat yang belum vaksin booster, tidak selalu karena tidak mau vaksin. “Boleh jadi, karena tidak tahu tempat vaksinasi dan terkendala penyakit bawaan atau komorbid,” katanya.

“Cari-cari vaksin booster-nya saja susah benar,” timpal @ ochaocet12. “Akun mau booster Sinopharm tapi susah ternyata carinya,” sambung @ Muhamma76641394.

Akun @aguswbw tidak masalah jika biaya pasien Covid-19 tidak lagi ditanggung Pemerintah. Asalkan, bisa diganti dengan menggunakan BPJS Kesehatan. “Banyak orang yang belum divaksin, tapi sebagai pemegang BPJS,” katanya.

Baca juga : Pemerintah Genjot Vaksin Booster Hadapi Gelombang Baru Covid-19

Akun @1404Stj mengatakan, kalau biaya perawatan pasien Covid-19 tidak mau ditanggung Pemerintah lagi, sebaiknya bisa menggunakan BPJS Kesehatan. Harapannya, beban yang ditang­gung masyarakat tidak terlalu besar. “Lalu bagaimana solusinya jika pasien kurang mampu dan tidak punya BPJS,” tanyanya.

Akun @jumianto_RK me­minta Pemerintah tidak men­gorbankan masyarakat demi menggenjot capaian vaksinasi booster. Apalagi, kondisi per­ekonomian masyarakat belum sepenuhnya pulih karena efek pandemi Covid-19.

“Yuk, booster untuk kalian yang belum booster vaksin Covid-19, supaya lebih terlind­ungi dan mengurangi risiko rawat inap hingga sakit berat seandainya kena Covid-19,” ajak @adamprabata. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.