Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cari Bibit Unggul Di Bidang Teknologi

Sahabat Ganjar Gelar Lomba Hackathon Di Surabaya

Minggu, 26 Juni 2022 10:19 WIB
Suasana lomba Hackathon yang digelar Sahabat Ganjar selama dua hari di Hotel Novotel Samator Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (25/6). (Foto: Sahabat Ganjar)
Suasana lomba Hackathon yang digelar Sahabat Ganjar selama dua hari di Hotel Novotel Samator Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (25/6). (Foto: Sahabat Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Sahabat Ganjar kembali menggelar lomba Hackathon. Kali ini, mereka menggelar kegiatan yang bertujuan mencari bibit unggul di bidang teknologi dari kalangan mahasiswa/mahasiswa tersebut selama dua hari di Jawa Timur (Jatim). Tepatnya, di Hotel Novotel Samator Kota Surabaya dari Sabtu (25/6) hingga Minggu (26/6).

Pelaksanaan lomba Hackathon di Jatim ini terselenggara karena relawan pendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 itu termotivasi dengan keberhasilan lomba yang sebelumnya berlangsung di Provinsi D.I Yogyakarta bulan lalu.

Harapannya, melalui kegiatan ini potensi yang dimiliki peserta dapat lebih tergali, agar ikut berperan dalam pembangunan teknologi Tanah Air di masa mendatang. Khususnya, di bidang teknologi mobile app yang saat sudah mulai berkembang sangat pesat.

Selain itu, event ini juga sekaligus upaya yang komprehensif untuk meningkatkan soft skill, literasi teknologi dan prestasi pada revolusi industri 4.0.

Baca juga : Sahabat Ganjar Tebar 100 Paket Sembako Di Pangandaran

Pelaksanaannya pun juga sekaligus pembuktian bahwa Sahabat Ganjar menjadi satu-satunya relawan yang sangat aktif membantu pemerintah dalam memajukan perkembangan teknologi Tanah Air.

Apalagi, dalam upaya memperketat persaingan dan menambah semangat peserta mengikuti lomba, sahabat Ganjar telah menyiapkan hadiah sebesar Rp.22.500.000 disertai Macbook Pro untuk juara 1.

Disusul dengan laptop, piala, dan juga sertifikat untuk juara 2 dan 3. Untuk merawat rasa nasionalisme, di awal acara seluruh peserta diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelah itu, mereka juga menyanyikan Mars Sahabat Ganjar. Bambang Wahyuono selaku Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Sahabat Ganjar Jawa Timur mengaku bangga dengan tingginya antusias mahasiswa mengikuti acara ini.

Baca juga : Cari Talenta Berprestasi, Sahabat Ganjar Gelar Lomba Kejuruan SMK TKJ Se-Jatim

"Untuk kedua kalinya Hackathon kembali dilaksanakan, saya ucapkan selamat datang dan selamat berjuang untuk seluruh peserta. Saya berharap kompetisi ini berjalan dengan sehat dan juga bisa memberikan pengalaman serta ilmu tambahan bagi seluruh peserta," kata Bambang Wahyuono.

Selain mencari talenta inovatif dalam bidang teknologi, Sahabat Ganjar juga membekali para peserta Hackathon dengan seminar edukasi dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Indonesia melalui Mobile App yang Inovatif”.

Seminar dibekali oleh narasumber yang kompeten di bidangnya. Yaitu Salies Aprilyanto, ST dan Alfin Barriky Nur Ilham Achmad, S. Kom. Setelah pembekalan yang dapat memotivasi para peserta kegiatan dilanjutkan dengan penilaian dasar.

“Adanya Hackathon ini menyaring aspirasi kaum muda dalam perkembangan teknologi yang tentunya tak luput untuk kemajuan Indonesia sendiri, semoga acara ini bisa terus dilaksanakan agar terus memacu semangat kaum muda untuk berkarya” ujar Inggita Nirmala, peserta dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Baca juga : Bantu Korban Puting Beliung Di Depok, Sahabat Ganjar Gelar Baksos

Seluruh peserta Hackathon mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Sahabat Ganjar. Hal ini memotivasi peserta untuk terus berkarya dan membangun jiwa kompetitif mahasiswa/i. Ajang seperti Hackathon perlu terus dilaksanakan demi kemajuan anak bangsa dan negara. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.