Dark/Light Mode

Laporan Wartawan Foto Rakyat Merdeka Sophan Wahyudi Dari Makkah

Jemaah Berebut Tempat Untuk Shalat Di Masjidil Haram

Senin, 4 Juli 2022 21:45 WIB
Wartawan foto Rakyat Merdeka Sophan Wahyudi. (Foto: Istimewa)
Wartawan foto Rakyat Merdeka Sophan Wahyudi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Jamaah agar fokus pandangan ke arah datangnya kendaraan kiri atau kanan jalan juga melihat arah tujuan menyeberang," kata petugas seksi transportasi sektor 1 Mabhas Jin Mashuri Masyhuda, di Mekkah, Jumat (24/6).

Meski sudah banyak jamaah yang mengalami kecelakaan, saya belum mendengar rencana dari otoritas pemerintah Arab Saudi membangun jembatan penyeberangan orang di sana.

Sepanjang perjalanan dari KKHI sampai ke Masjidil Haram, saya tak melihat ada jembatan penyebarangan orang melintang di tengah-tengah jalan terutama di daerah Aziziyah.

Baca juga : PMI Wanita Difasilitasi Rumah Khusus, Keamanan Terjamin

Di Masjidil Haram, saat menjelang waktu shalat, sebagian jemaah yang tidak kebagian tempat ada yang terlihat nekat mendekat ke tempat-tempat yang sudah disekat. Para penjaga yang menggunakan pakaian coklat dan militer menjelang waktu shalat sigap memberikan peringatan.

"Haji... Ya Allah Haji...," ujar petugas itu. Jumat (1/7) tepat pukul 03.00 para petugas ini sudah menyisir jemaah yang merapat ke barrier sebagai pembatas balkon.

Mereka memukul-mukul barrier agar jamaah tidak merapat. "Haji, ya Allah Haji," seru petugas yang di baju militernya ada tulis nama Fayez M Al-Lihyani sambil mengibas-ngibas tangannya di hadapan jemaah.

Baca juga : Oplah Koran Di Jepang Masih Tembus 2 Juta Per Hari!

Hal yang sama juga dilakukan petugas lainnya dengan pakaian sama. Bahkan, petugas ini tak segan menarik juga mendorong jemaah ke depan agar tidak mendekat ke pembatas.

Suaranya nyaring, sebagaimana nada orang melarang melakukan sesuatu hal. "Haji....," teriak penjaga Masjidil Haram baik yang memakai pakaian coklat maupun yang loreng-loreng.

Hal ini sudah menjadi pemandangan biasa. Namun, yang menarik, mereka tidak akan mengusir jemaah yang sedang khusuk melaksanakan shalat.

Baca juga : Bangun Istana Herring Rp 369 Miliar

Tepat pukul 03.38, petugas keamanan di Masjidil Haram memasang pita pengaman pembatas. Namun, pada 03. 52 pita itu dilepas sehingga jemaah serempat merapat ke pembatas pertama yang bahannya plastik dari pembatas pertama ke pembatas lainnya sekitar 5 meter. Untuk siap-siap shalat shubuh berjamaah pukul 4.14 menit. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.