Dark/Light Mode

Dalam Situasi Global Yang Tak Menentu

BRI Jaga Bisnis Rakyat Kecil

Kamis, 7 Juli 2022 06:50 WIB
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), Sunarso. (Foto : Istimewa).
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), Sunarso. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Dalam kondisi apa pun, BRI harus tetap menjadi motor pertumbuhan, karena kita berurusan dengan UMKM. Karena itu, BRI punya strategi business follow stimulus. Bisnis tumbuh, mengikuti laju stimulus,” papar peraih The Best CEO dalam 11th Anugerah BUMN 2022 itu.

Menurutnya, ada empat hal yang harus dipenuhi, agar pemberian stimulus berjalan efektif. Pertama, harus ada duitnya. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) harus dipastkan turun tangan memberikan stimulus.

Baca juga : Sunarso: BRI Jaga Bisnis Rakyat Kecil

Kedua, menyiapkan data-data, siapa saja yang berhak menerima stimulus. Ketiga, menyiapkan sistem yang kredibel dan reliable, agar tepat sasaran.

Keempat, pemberian stimulus itu harus dikomunikasikan dengan baik ke masyarakat melalui petugas dan mantri BRI di lapangan.

Baca juga : Partai Buruh Perjuangkan Jatah Makan Rakyat Kecil

Stimulus kredit yang diberikan berupa subsidi bunga. Ada juga Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), yang bukan merupakan jenis kredit. Bantuan tersebut murni bantuan pemerintah, untuk modal usaha. Selain itu, juga ada jenis bantuan subsidi lainnya.

“Pemberian stimulus yang didasarkan kepada empat pendukung langsungnya yakni duit, data, sistem, dan komunikasi diharapkan dapat membantu penyaluran yang efektif. Meski mungkin, tak sempurna 100 persen,” pungkas Sunarso.

Baca juga : Ketua GPK Ajak Kader PPP Jaga Soliditas Hadapi Pemilu 2024

Untuk diketahui, Sunarso ke Singapura untuk menerima penghargaan sebagai SME Banker of The Year untuk Regional Asia Tenggara. Dia juga mewakili BRI untuk penghargaan Best in Treasury and Working Capital-SMEs di ajang yang sama. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.