Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sosialisasi 4 Pilar MPR

Lestari Ajak Alumni UI Jaga Nilai-Nilai Kebangsaan

Senin, 13 Juni 2022 08:35 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama ILUNI UI di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama ILUNI UI di Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan anggota Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), mahasiswa UI, akademisi, serta pejabat rektorat UI, memenuhi Gedung Nusantara IV, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Sabtu (11/6).

Mereka datang ke gedung wakil rakyat dari berbagai wilayah sejak pukul 07.00 WIB untuk mengikuti Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika atau Empat Pilar MPR.  

Di antara keluarga besar UI yang hadir dalam sosialisasi dengan tema ‘Reinvensi Keindonesiaan Kita, Kepemimpinan Keindonesiaan dan Patriotisme Dalam Indonesia Pasca Pandemi’ itu adalah Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Anggota MPR/DPR sekaligus Sekjen PAN Eddy Soeparno, Wakil Menteri Desa PDT Budi Arie Setiadi, dan Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian.  

Lestari Moerdijat dalam sambutan mengatakan dirinya merasa bangga dan senang bisa berkumpul dengan rekan-rekannya di ILUNI UI. Politisi Partai NasDem itu mengungkapkan sosialiasi yang digelar pada pagi itu bentuk kerja sama antara ILUNI UI dengan MPR untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan.

"Kerja sama yang dilakukan merupakan langkah yang tepat sebab kegiatan tersebut merupakan tugas dan tanggung jawab MPR. Di pimpinan MPR tidak hanya saya, Bapak Arsul Sani juga alumni UI," ujarnya bangga.  

Baca juga : Syarief Hasan Ajak Generasi Muda Rawat Nilai Kebangsaan

Perempuan yang akrab dipanggil Mbak Ririe itu menuturkan pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan itu adalah bahwa ILUNI UI dan UI merupakan rumah besar untuk semua. Dari UI lahir berbagai tokoh.

Mereka duduk di berbagai lini kehidupan masyarakat. Banyak tokoh yang lahir dari kampus yang beralamat di Depok dan Salemba Jakarta itu. "Alumni UI tersebar di berbagai partai politik," tuturnya.  

Lestari menuturkan, bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa-masa yang sulit di masa Pandemi Covid-19. Ini berkat kerja keras dari semua pihak. Setelah masa pandemi, bangsa ini akan memasuki tahun politik.

Di masa kini dan yang akan datang, dirinya mengajak kepada keluarga besar UI untuk ikut mengambil peran agar proses yang ada bisa menuju titik yang betul-betul menuju ke arah Indonesia yang dicita-citakan.

Polarisasi politik yang tajam di pemilu sebelumnya diharap tidak terjadi lagi. "ILUNI UI mempunyai tanggung jawab dan mengambil peran dalam proses politik dan kebangsaan," tegasnya.  

Baca juga : Mega Sehat, Tapi Jaga Keseimbangan

Ditegaskan ILUNI UI harus mampu mendudukan atau mengembalikan semua politik dan kebangsaan dengan berdasarkan pada nilai-nilai dasar atau pondasi kebangsaan apapun garis politiknya. Sebab polarisasi yang terjadi pada pemilu sebelumnya juga terjadi di kampus.

"Nah di ILUNI UI yang beragam garis politik harus mampu memberi contoh untuk itu," ujarnya.

Beragam pikiran yang ada disatukan dalam ILUNI UI. Semua dilakukan untuk membangun Indonesia dengan landasan nilai-nilai kebangsaan. Lewat ILUNI UI itulah menurutnya cita-cita itu bisa diperjuangkan.  

Diungkapkan Lestari, sosialisasi yang melibatkan perguruan tinggi dan alumninya tidak hanya dengan ILUNI UI dan UI.

"MPR terbuka dengan berbagai perguruan tinggi dan alumninya. Saya kerap datang di berbagai kampus yang ada di Indonesia. MPR tidak menutup pintu bagi perguruan tinggi dan alumni lainnya," tegasnya.  

Baca juga : Haerul Amri Imbau Masyarakat Hindari Pemahaman Sempit

Andre Rahadian dalam kesempatan itu mengatakan, sosialisasi yang ada merupakan momen untuk menyegarkan kembali ingatan kepada nilai-nilai kebangsaan.

Dirinya sepakat dengan Lestari bahwa keragaman yang ada tidak harus menimbulkan perpecahan namun harus mampu menghadirkan kerja sama hingga mensuksesakan pembangunan. Dirinya berharap program kerja sama sosialisasi itu bisa dilanjutkan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.