Dark/Light Mode

Kalau Mau Gandeng Tokoh NU

Prabowo Disaranin Pilih Erick Thohir Atau Khofifah

Selasa, 12 Juli 2022 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Kemhan)
Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto. (Foto: Dok. Kemhan)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia, Djayadi Hanan menilai, Cak Imin belum dapat mengikat para pemilih nahdliyin. “Perlu figur yang bisa ikat semua itu. Nah, Cak Imin dianggap belum mampu. Buktinya elektabilitasnya sampai hari ini masih di bawah seperti kata Mbak Yenny,” kata Djayadi dalam diskusi Total Politik di bilangan Jakarta Selatan, pekan lalu.

Dikatakan, masyarakat Indonesia yang mengaku sebagai anggota NU aktif dan nonaktif capai 21 persen. Sementara warga Indonesia yang terafiliasi dengan nahdliyin ada sekitar 50 persen. Namun, elektabilitas Cak Imin masih rendah. Survei Indikator Politik 14-19 April 2022 elektabilitas Cak Imin hanya 0,5 persen. Sementara hasil survei Charta Politika 10-17 April 2022 menunjukkan elektabilitas Cak Imin hanya 1,3 persen.

Baca juga : Hadiri Festival Dolanan Tradisional, Erick Thohir Jajal Main Engklek

“Ditambah orang tahu Cak Imin dan Gus Yahya tak harmonis. Partainya, PKB, koalisi memerlukannya. Tapi apakah mereka setuju Cak Imin jadi calon. Itu jadi masalah. Karena belum tentu Cak Imin bisa membawa suara NU,” kata dia.

Menanggapi hal ini, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB, Daniel Johan menegaskan, Cak Imin terbukti sukses membawa PKB menjadi partai besar dan berpengaruh di kancah politik nasional.

Baca juga : Relawan Jaket Deklarasi Erick Thohir Capres 2024

“Gus Muhaimin membawa hoki. Beliau dapat dukungan solid dari nahdiliyin. Dan jelas mampu mengambil suara nahdliyin terbukti dalam survei-survei PKB, yang basis masa terbesarnya kaum sarungan. Selalu lima besar,” kata Daniel kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, konsolidasi PKB dan Gus Muhaimin dengan nahdiliyin, khususnya masyarakat tradisional sarungan sejauh ini berjalan baik. Cak Imin selalu diterima dan didukung saat menyambangi pondok pesantren kultural, kiai khos, dan basis massa tradisional NU. “Bahwa ada kesan sedang beda pandangan dengan NU, itu kan dinamika biasa. Intinya, akar rumput NU solid dukung Gus Muhaimin,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.