Dark/Light Mode

Hasil Survei Capres

Ganjar Juara Di Dunia Nyata, Anies Jawara Di Dunia Maya

Jumat, 15 Juli 2022 07:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ada dua hal yang dianalisis, yakni popularitas dan favorabilitas. Riset digelar antara periode 3-10 Juli 2022. "Popularitas diukur dari banyaknya percakapan di media sosial dan pemberitaan di media online," ujar pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, dikutip dari akun Twitternya, kemarin.

Hasilnya, ada 105.110 kali Anies disebut di media online dan Twitter. Posisi ini menempatkan Anies sebagai tokoh yang paling banyak dibicarakan di dunia maya. Sementara juara kedua, Erick Thohir yang disebut 56.507 kali. Sedangkan Ganjar di urutan ketiga dengan 46.986 kali.

Baca juga : Pecah, Ribuan Srikandi Lampung Dukung Ganjar Lewat Konser Cinta, Rasa, Dan Warna Milenial

Di bawahnya, ada Puan Maharani 30.475 kali, Ridwan Kamil 21.631 kali dan Prabowo 9.500 kali. Lalu, AHY 8.681 kali, Muhaimin Iskandar 6.480 kali, Sandiaga Uno 5.294 kali, Airlangga Hartarto 3.564 kali dan Andika Perkasa 2.010 kali.

Kenapa Anies unggul? Menurut Ismail, tingkat perbincangan terkait sosok Anies dalam sejumlah isu cukup tinggi. Misalnya, momentum pelaksanaan Salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS). "Munculnya meme dan video editan dari kelompok pendukung pemerintah (Abu Janda dan Ruhut Sitompul), dan polemik soal kualitas udara Ibu Kota," jelasnya.

Baca juga : Garuda Diramal Akan Jadi Global Player

Sementara itu, Ketua relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer menilai menangnya Ganjar dalam survei elektabilitas, khususnya dominasi di kandang Banteng yakni Jawa Tengah, adalah sinyal penting. "Ini bukti bahwa pilihan hati PDIP dan arus bawahnya sudah jelas ke mas Ganjar," kata sosok yang akrab disapa Noel ini, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam.

Selain itu, kemenangan telak Ganjar di Jateng tentunya dipengaruhi dengan kinerja Ganjar sebagai gubernur dalam 2 periode ini. Artinya, rakyat Jateng, kata dia, sangat puas atas kinerja yang telah dilakukan Ganjar hampir 10 tahun ini. "Kita yakin banget bu Mega sudah jatuh cinta ke Mas Ganjar. Cuma seperti kata pak Jokowi, ojo kesusu," bebernya. 

Baca juga : Tumbangkan Juara Dunia Layangan, Anies Happy Berat

Terkait kekalahan Ganjar di dunia maya, kata Noel, tentu itu menjadi koreksi. "Ini tanggung jawab kita sebagai pendukung mas Ganjar, supaya kita bagusin di medsos," tutur sosok yang juga mengetuai relawan Jokowi Mania atau JoMan ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.