Dark/Light Mode

Hasil Survei Capres

Ganjar Juara Di Dunia Nyata, Anies Jawara Di Dunia Maya

Jumat, 15 Juli 2022 07:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara pendukung Anies, Geisz Chalifah menilai menangnya Anies di dunia maya adalah konsekuensi dari serangan-serangan yang dilancarkan oleh kubu lawan politik. "Maka kita terima kasih ke PSI dan buzzer-buzzer itu," kata Geisz, tadi malam.

"Mau tidak mau algoritmanya akan naik. Makin sering serangan, Anies makin sering dibicarakan. Di satu sisi Anies punya jawaban dengan karya-karya dan data valid. Maka di-share lagi oleh yang lain," lanjutnya.

Baca juga : Pecah, Ribuan Srikandi Lampung Dukung Ganjar Lewat Konser Cinta, Rasa, Dan Warna Milenial

Produser Jakarta Melayu Festival (JMF) ini mengaku tak masalah jika Anies kalah di survei. Karena dari sejumlah bocoran data yang ia terima, hasil survei sejumlah partai politik adalah Anies pemenangnya. "Mereka kan bukan cuma survei, tapi juga konsultan politik. Kang survei abal-abal. Survei kita gak layak dipercaya," sindirnya.

Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno menilai menang Ganjar di kandang Banteng adalah hal yang lumrah. "Kan Pak Ganjar masih Gubernur Jateng. Tentu masyarakat Jateng sudah sangat familiar," kata Hendrawan, kemarin.

Baca juga : Garuda Diramal Akan Jadi Global Player

Ia tidak menampik hasil survei itu akan menjadi salah satu pertimbangan PDIP dalam mencari jagoannya. Tapi bukan satu-satunya. "Karena pertimbangannya multidimensi. Bukan cuma survei, tapi semua data itu masuk ke tim dan Ibu ketua umum, karena nanti keputusannya ada di ketua umum," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.