Dark/Light Mode

IKN Pikat Investor Industri Pangan Dan Infrastruktur

Sabtu, 16 Juli 2022 07:23 WIB
Rektor Universitas Kutai Kartanegara Prof. Ince Raden. (Foto: Istimewa)
Rektor Universitas Kutai Kartanegara Prof. Ince Raden. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Bahkan untuk mewujudkan semangat dan optimisme itu, Prof Ince menegaskan bahwa pihaknya akan mendedikasikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mahir di sektor pangan untuk membantu merealisasikannya.

"Secara kelembagaan, Unikarta akan mensuplai SDM pangan untuk IKN, dengan mempersiapkan sejak sekarang," terang Prof Ince.

Baca juga : KSP Dorong Sektor Industri Terapkan Ekonomi Sirkular

Tidak sendiri, ia menerangkan bahwa Unikarta akan bermitra dengan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) dan Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Yang dipikirkan bukan hanya aspek pengadaan pangan, tapi sampai menyentuh kepastian pangan sehat yang dikonsumsi masyarakat. Bahwa tipologi konsumsi masyarakat IKN akan cenderung kepada pangan siap saji, karena tipe konsumen masyarakat perkotaan yang senang dengan pola makanan instan," jelasnya.

Baca juga : Bangun Infrastruktur Nasional Harus Rata

Dalam hal ini, lanjutnya, Unikarta siap mendukung program ketahanan pangan bagi IKN. Kedepan, bahkan siap bekerja sama dengan pihak manapun, terkait ketahanan pangan untuk IKN. Staf Ahli Percepatan Pemerintah Kabupaten Kukar ini mengklaim, lebih dari 7 ribu alumni Unikarta siap berkontribusi dalam pembangunan IKN Nusantara.

"Saat ini, Unikarta sudah miliki 7 ribu alumni yang bergerak di berbagai bidang, seperti pemerintahan, swasta, pertanian, perbankan dan pertambangan," klaimnya.

Baca juga : Kemensos Periksa ACT Soal Penggunaan Dana Umat

Dengan modal SDM tersebut, Prof. Ince mengatakan bahwa Unikarta akan melihat perkembangan IKN sebagaimana dengan konsep Smart City dan Ramah Lingkungan. Oleh sebab itu, SDM yang akan disiapkan Unikarta terkonsentrasi di bidang IT, ekonomi dan bisnis, sosial politik, aspek hukum, pendidikan, geologi serta keagamaan dan budaya.

"Karena sudah sesuai dengan program studi yang dimiliki Unikarta. Sejauh ini, para alumni yang berjumlah ribuan orang sudah berkiprah dan memberikan warna pembangunan di Kaltim," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.