Dewan Pers

Dark/Light Mode

LPB MUI Pusat Percepat Bentuk Lembaga Penanggulangan Bencana Daerah

Selasa, 19 Juli 2022 14:19 WIB
Salah satu bantuan bencana yang disalurkan Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) Pusat. (Foto: Istimewa)
Salah satu bantuan bencana yang disalurkan Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) Pusat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) Pusat terus berupaya mengembangkan diri agar mampu menjangkau lokasi bencana lebih cepat. Salah satunya, dengan pembentukan LPB MUI di setiap MUI Provinsi dan MUI Kabupaten atau Kota.

"LPB MUI merasakan perlu kesigapan untuk hadir di lokasi bencana," ujar Wakil Ketua LPB MUI Pusat, Prof. Achmad Syahid, seusai pertemuan dengan sejumlah pengurus MUI DKI Jakarta, Senin (18/7).

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini menceritakan, semangat membentuk LBP MUI hingga ke daerah-daerah itu dasari situasi Jabodetabek yang kerap dilanda bencana banjir.

Berita Terkait : KIB Bakal Bentuk Tim Penentuan Capres

Kehadiran lambaga ini, mempercepat bantuan di lokasi bencana. Salahsatu yang akan segera dibentuk, lanjut Syahid, adalah LPB MUI Provinsi DKI Jakarta. Para pengurus MUI DKI Jakarta menurutnya sudah sepakat menyegerakan pembentukannya.

Tugas dari LPB MUI Provinsi dan MUI Kabupaten atau Kota, lanjut Syahid, menjadi garda terdepan bagi kerja-kerja kemanusiaan MUI. Dari assasment, hingga impelementasi program penyelamatan akan dilakukan lebih dulu oleh tingkat daerah.

Merespon harapan LPB MUI Pusat, Sekretaris MUI DKI Jakarta, KH Yusuf Aman memastikan sebelum memasuki bulan Agustus, pengurus LPB MUI DKI Jakarta Insyaallah sudah terbentuk dan siap bekerja untuk umat.

Berita Terkait : PDIP Perketat Seleksi Antisipasi Caleg Dan Cakada Bermasalah

Diceritakan, LPB MUI Pusat baru berdiri tahun 2020 dan kepemimpinannya diamanahkan kepada Prof. Dr. Ir. Ja'far Hafsah sebagai Ketua. Kemudian, Akhmad Baidun sebagai sekretaris. Rencananya, sejumlah LPB MUI Provinsi dan Kabupaten atau Kota terus akan dibentuk.

"Saat ini LPB MUI daerah yang sudah terbentuk, baru di LPB MUI Sulawesi Selatan. Kita berharap semua MUI Provinsi dan Kabupaten atau Kota segera menyusul," ujar Sekretaris LPB MUI, Akhmad Baidun.

Plt Ketua Bidang Media LPB MUI Pusat, Lukman Azis menambahkan, sudah beberapa kali LPB MUI hadir dalam pemberian bantuan kebencanaan seperti banjir bandang di Sumedang, erupsi Gunung Semeru, banjir bandang di Sumatera Barat serta banjir Jakarta dan Bekasi tahun 2021 lalu.

Berita Terkait : MotoGP, Ini 3 Pembalap Pendamping Bagnaia

"Kegiatan ini menggandeng sejumlah perusahaan melalui Islamic Dakwah Fund (IDF) MUI dan lembaga lain yang sudah eksis dalam penanganan kebencanaan. Semoga dengan hadirnya LPB MUI di daerah akan banyak daerah bencana terjangkau," ujar Lukman. ■