Dark/Light Mode

Netizen Salut, Kapolri Sigit Berani Non Aktifkan Kadiv Propam

Rabu, 20 Juli 2022 08:05 WIB
Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya. (Foto : Istimewa).
Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Irjen Ferdy Sambo dari jabatannya. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Pengusutan kasus ini harus betul-betul terang benderang dan keadilan ditegak­kan, demi menjaga rasa kepercayaan masyarakat terhadap lembaga kepoli­sian,” kata @Didik_Junaedi.

Menurut @Dr Djainal Abidin Simanjutak, bila perlu Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran juga dinonaktifkan. Kata dia, semua tahu korps satu angkatan pada akademi polisi sangat kompak dan saling menutupi keburukan masing-masing ang­gota angkatannya.

“Kapolri tidak cukup menonaktifkan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, juga Kapolres Jaksel dan Karo Paminal Mabes Polri,” sambung @Ganda_Pasaribu.

Baca juga : Pengamat: Langkah Kapolri Nonaktifkan Kadiv Propam Sangat Tepat

Penonaktifan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Kapolres Jakarta Selatan dan Karo Paminal Mabes Polri, jelas @ Ganda_Pasaribu, untuk menjaga agar tidak ada intervensi dalam mengungkap kasus tembak menembak polisi terse­but.

“Seharusnya, Kapolri sejak awal menonaktifkan Kadiv Propam karena perkara itu terjadi di dalam rumah dinas­nya,” kata @James_Manusama.

Akun @Budi_Marstyo menduga, ada sesuatu yang disembunyikan dalam kasus meninggalnya Brigadir J. Dia mendesak kasus ini dibongkar semua. “Jangan ditutup-tutupi,” pinta dia.

Baca juga : Dinonaktifkan Dari Kadiv Propam, Sambo Terpojok

Akun @Suhariyanto berharap Kapolri dan tim memiliki kekuatan dan kebera­nian menyelesaikan kasus ini dengan jelas, tanpa ada yang ditutup-tutupi. Bahkan, kalau mau jujur, mudah bagi Polri mengungkap kasus polisi tembak polisi di rumah jenderal polisi ini.

“Sebaiknya Presiden Jokowi menun­juk tim independen penanganan adu tembak-menembak sesama anggota Polri di rumah Kadiv Propam. Tim tersebut bertanggung jawab langsung kepada Presiden,” kata @Deni_Pahala.

Sementara, akun @Daniel_Vansar tidak setuju dengan penonaktifan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Dia meminta Kapolri tidak mau didikte orang-orang yang punya kepentingan politik. “Ini perso­alan kecil kok malah dibesar-besarkan,” kritiknya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.