Dark/Light Mode

Bertemu Menlu Vietnam, Jokowi Bahas Perdagangan Hingga Perundingan ZEE

Rabu, 20 Juli 2022 13:41 WIB
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Vietnam, Bui Thanh Son, dan delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/7). (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menlu Vietnam, Bui Thanh Son, dan delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/7). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Vietnam, Bui Thanh Son, dan delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (20/7). 

Di pertemuan tersebut, Presiden memberikan tiga arahan kepada Menlu Indonesia, Retno Marsudi yang akan melakukan pertemuan komisi bersama Menlu Vietnam. Pertama di bidang perdagangan. Kalau dilihat trennya, maka perdagangan antara kedua negara terus mengalami peningkatan. Target pemenuhan perdagangan 10 miliar dolar AS telah terlampaui.

“Oleh karena itu, Presiden mengatakan penting bagi kedua negara untuk menetapkan target baru untuk beberapa tahun ke depan. Ini nanti akan kita bahas pada saat pertemuan kedua menteri luar negeri,” ujar Menlu Retno dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden.

Baca juga : Jokowi Pede Hubungan Perdagangan Menguat..

Kemudian yang kedua di bidang investasi. Menurut Menlu Retno, investasi Indonesia di Vietnam cukup banyak, yakni sudah lebih dari 600 juta dolar AS. Kepada Menlu Vietnam, Jokowi pun menitipkan para investor Indonesia di Vietnam untuk mendapatkan perlakuan yang adil.

“Tentunya dengan menciptakan kondisi yang kondusif bagi investor. Tentunya investasi kedua belah pihak akan terus meningkat,” imbuh Retno.

Adapun pesan ketiga yang disampaikan oleh Presiden Jokowi adalah terkait perundingan batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) antara kedua negara. Jokowi menyampaikan pentingnya tim teknis para negosiator mempercepat perundingan sehingga dapat segera diselesaikan.

Baca juga : Bantu Negara Miskin, IMF Minta Jokowi Kerahkan Dukungan Leader G20

Vietnam Puji Indonesia di G20

Sementara itu, Menlu Vietnam Bui Thanh Son menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada Indonesia dalam mengatasi Covid-19. Selain itu, Menlu Vietnam juga memuji kepemimpinan Indonesia di G20.

“Juga menyampaikan dukungan penuh Vietnam terhadap Indonesia untuk ASEAN pada tahun 2023,” tandasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.