Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

MoU Konektivitas RI-Timor Leste Diteken

Jokowi Pede Hubungan Perdagangan Menguat..

Rabu, 20 Juli 2022 06:50 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta saat berfoto bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/07/2022). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)
Presiden Jokowi dan Presiden Republik Demokratik Timor Leste Jose Ramos-Horta saat berfoto bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/07/2022). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste Jose Ramos-Horta di Istana Negara Bogor, kemarin. Konektivitas kedua negara jadi salah satu pembahasan pada pertemuan kedua pemimpin negara tersebut.

Jokowi mengatakan, konek­tivitas adalah faktor penting untuk meningkatkan hubungan perdagangan Republik Indone­sia-Timor Leste.

Menurut data, tren perda­gangan kedua negara positif beberapa tahun terakhir. Jokowi pun pede alias percaya diri, pembukaan konektivitas darat dan laut dari Indonesia ke Timor Leste bakal meningkatkan per­dagangan kedua negara.

Baca juga : Teten Dorong Koperasi Bangun Pabrik Minyak Makan Merah

“Saya yakin perdagangan dua negara bisa terus ditingkatkan,” ucap presiden seperti dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, kemarin.

Pada pertemuan bilateral ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Minister of Transport and Communication Timor Leste José Agustinho da Silvae menan­datangani Memorandum Of Un­derstanding (MoU) pergerakan Lintas Batas Bus.

MoU tersebut akan memudah­kan pergerakan antara Indonesia dan Timor Leste, dengan mengatur transportasi orang lintas batas oleh bus.

Baca juga : Covid-19 Naik Lagi, Jokowi Perintahkan Booster Jadi Syarat Kegiatan Besar

Salah satu implementasinya akan tercermin pada proyek trayek bus Kupang, Nusa Teng­gara Timur (NTT), menuju Dili, dan sebaliknya.

“Untuk jalur darat, saya harap­kan peluncuran trayek bus rute Kupang-Dili dapat segera di­lakukan,” harap Jokowi.

Tak hanya trayek bus, kesepakatan untuk memperkuat konektivitas antara dua negara juga tercermin dalam pem­bentukan rute kapal Kupang (Indonesia) – Dili (Timor Leste) – Darwin (Australia).

Baca juga : Elektabilitas Meroket Di Litbang Kompas, Perindo: Semangat Berlipat Ganda!

“Kita juga sepakat mem­perkuat konektivitas, baik darat maupun laut. Untuk konektivitas laut, penting membuka rute ka­pal Kupang-Dili-Darwin,” ujar Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.