Dark/Light Mode

Jelang Pemilu 2024, Penting Nih

Asah Political Sense Bagi Praktisi Kebijakan Publik

Sabtu, 23 Juli 2022 07:40 WIB
Founder Indonesia Public Policy & Government Affairs (IPPGA) Group Arief Budiman. (Foto: Istimewa)
Founder Indonesia Public Policy & Government Affairs (IPPGA) Group Arief Budiman. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Karena perubahan adalah keniscayaan. Maka, perlu mengasah political sense. Mereka (praktisi PPGA) harus cepat beradaptasi dengan perubahan, termasuk menghadapi perubahan kepemimpinan 2024,” jelas Arief.

Dengan mengasah political sense dalam menyongsong perubahan kepemimpinan Indonesia, praktisi PPGA akan lebih siap menyusun scenario planning bagi kepentingan perusahaan.

Baca juga : Pentingnya Mengasah Political Sense Bagi Praktisi PPGA Jelang Pemilu 2024

Bahkan, lanjut Arief, dengan diasahnya political sense, akan mampu menganalisa empat fundamental dari kondisi politik saat ini. Yaitu bentukan bangunkoalisi partai, bagaimana tokoh-tokoh kandidat populer calon presiden dan calon wakil presiden berpengaruh terhadap kohesi sosial politik, konsesi distribusi kekuasaan, dan fokus kebijakan ekonomi.

Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) IGICO Advisory Neneng Herbawati mengatakan, peran PPGA semakin penting di tengah volatility, uncertainty, complexity dan ambiguity (VUCA). Ini mengacu pada lingkungan bisnis yang semakin bergejolak dan kompleks, dan semakin tidak pasti di tengah berbagai kebijakan Pemerintah dan situasi global yang kian tidak menentu.

Baca juga : Pertambangan Ilegal Menjamur, Pentingnya Komitmen Penegakan Hukum

Peneliti senior Litbang Kompas Toto Suryaningtyas menggambarkan kondisi politik di Indonesia secara umum. Yaitu, relatif stabil, ‘dewasa’, sangat dinamis, bahkan seringkali transaksional. Namun pada saat yang sama, bagaimana supaya menang.

Kendati begitu, timbul persoalan karena tahun politik yang datang lebih awal dan turut membawa ketidakpastian, menjadi kekhawatiran dan didorong media menjadi gagasan subjektif. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.