Dark/Light Mode

Tiru Konsep Paman Sam

Kereta Gantung Jadi Alternatif Transportasi Di Ibu Kota Baru

Senin, 25 Juli 2022 07:55 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa (Tengah) saat kunjungan kerja di Amerika Serikat, Selasa (19/72022). (Foto: Humas PPN/Bappenas)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa (Tengah) saat kunjungan kerja di Amerika Serikat, Selasa (19/72022). (Foto: Humas PPN/Bappenas)

 Sebelumnya 
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan ini membeberkan, upaya pembangunan kereta gantung saat ini masih terhambat. Terutama aspek skema pembiayaan dan isu pemanfaatan ruang udara. Sebab itu pihaknya juga mempelajari sejumlah regulasi pengembangan kereta gantung di AS.

Di AS ia juga mengunjungi tiga lokasi, Stevenson Fishing Port, Harbour Flight Centre, dan pabrik pesawat Boeing.

Baca juga : Komnas HAM Pastikan Tak Ada Intervensi Dalam Usut Kematian Brigadir J

Selain kereta gantung, kajian juga dilakukan untuk penggunaan Seaplane di kota waterfront seperti Jakarta, Palembang, Surabaya, dan Denpasar. Sesuai dengan kajian Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu yang merekomendasikan sembilan lokasi pariwisata di Indonesia.

“Tapi permintaan untuk angkutan Seaplane masih sangat dibutuhkan penelaahan segmentasi pasar dan konektivitas mana saja yang dilayani,” katanya.

Baca juga : Transjakarta Perpanjang Jam Operasional Empat Rute Bus

Konektivitas dan target pasar sangat penting soalnya, operasional Seaplane di Indonesia mayoritas didominasi swasta. Sementara peran Pemerintah masih amat terbatas berupa pemberian izin operasional pesawat apung.

“Namun tidak mencakup pembangunan, pengembangan, dan pengoperasian bandara perairan,” katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.