Dark/Light Mode

ASN Urusan Tanah Didandani Seperti Tentara

Anggota DPR Geleng-geleng Kepala

Kamis, 28 Juli 2022 06:50 WIB
Pegawai ATR/BPN Kini dilengkap tongkat komando, baret, dan tanda pangkat yang akan dipakai lengkap bersama dengan pakaian dinas harian (Foto: Dok. Kementerian ATR/BPN).
Pegawai ATR/BPN Kini dilengkap tongkat komando, baret, dan tanda pangkat yang akan dipakai lengkap bersama dengan pakaian dinas harian (Foto: Dok. Kementerian ATR/BPN).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hadi Tjahjanto, yang baru dua bulan menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), membuat gebrakan. Mantan Panglima TNI ini mendandani pegawainya dengan atribut ala militer. Aksi Hadi ini membuat anggota DPR geleng-geleng kepala.

Hadi meluncurkan seragam baru untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian ATR/BPN, di The Ritz-Carlton Hotel, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (26/7). Dalam foto yang dirilis situs resmi Kementerian ATR, seragam baru itu berwarna krem dengan tambahan atribut ala militer berupa baret, tongkat komando, dan tanda pangkat. Seragam baru ini dipakai oleh para Kepala Kanwil (Kakanwil) BPN di tingkat provinsi, dan Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) di tingkat kabupaten/kota.

Baca juga : Firli Ajak Anggota G20 Kolaborasi Perangi Korupsi

Hadi menjelaskan, penambahan atribut tongkat komando dan baret agar para Kakanwil dan Kakantah dapat lebih percaya diri dalam melaksanakan pekerjaannya. Hadi pun sudah meminta kepada kepala daerah agar Kakanwil dan Kakantah masuk ke dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus. Menurut Hadi, tongkat komando dan baret sebagai simbol kesetaraan dengan aparat penegak hukum di daerah.

"Kan nanti ketemu dengan Kapolres, Kajati (Kepala Kejaksaan Tinggi), Kajari (Kepala Kejaksaan Negeri). Kajari-Kajari itu kan pakai tongkat juga," jelas Hadi.

Baca juga : Pukuli Anak Mantan Anggota DPR, 2 Pengemudi Plat RFH Ditangkap

Untuk tanda pangkat, kata Hadi, sebenarnya sudah ada sejak lama. Ia hanya mengubah warnanya menjadi biru agar terlihat lebih kontras.

Sejumlah anggota DPR geleng-geleng kepala melihat perubahan seragam ASN ATR/BPN yang dilakukan Hadi ini. Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menegaskan, prioritas Kementerian ATR/BPN saat ini adalah memberantas mafia, penyelesaian sengketa, dan percepatan sertifikasi tanah. Hal tersebut tidak berkaitan dengan seragam.

Baca juga : Duh, Cuma Bisa Geleng-geleng Kepala

"Yang menjadi ukuran, apakah kinerja dari seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN. Bukan apakah atributnya baru, bagus, atau tidak," sindir politisi Partai Golkar ini.

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang juga heran dengan gebrakan Hadi. Politisi PDIP ini menekankan, yang dibutuhkan bukan baret dan tongkat komando, tapi pikiran dan hati para pejabat dan pegawai ATR/ BPN untuk bekerja tegak lurus sesuai fungsi dan tugasnya dalam melayani masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.