Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sahabat Sandiuno Latih Budidaya Ikan Tawar Hingga Pakan Mandiri Pada Ratusan Petani Ikan

Jumat, 29 Juli 2022 07:37 WIB
Relawan Sahabat SandiUno Kota Banjar menggelar pelatihan pembudidayaan ikan air tawar serta cara membuat pakan ikan mandiri (maggot), kepada ratusan warga di rumah makan Pawon Baraya, Racakole Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Kamis (28/7).
Relawan Sahabat SandiUno Kota Banjar menggelar pelatihan pembudidayaan ikan air tawar serta cara membuat pakan ikan mandiri (maggot), kepada ratusan warga di rumah makan Pawon Baraya, Racakole Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Kamis (28/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Sahabat SandiUno Kota Banjar menggelar pelatihan pembudidayaan ikan air tawar serta cara membuat pakan ikan mandiri (maggot), kepada ratusan warga setempat. Pelatihan tersebut digelar di rumah makan Pawon Baraya, Racakole Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman Kota Banjar.

Banyaknya warga yang memiliki kolam ikan namun belum maksimal dalam pembudidayaannya, membuat Sahabat SandiUno Kota Banjar tergerak untuk melakukan pelatihan tersebut.

H. Kusnadi alias Akaw, pemilik Akaw Fish sekaligus Ketua Sahabat Sandiuno Wilayah Ciamis mengatakan, salah satu teknik pembudidayaan ikan air tawar ini dengan memaksimalkan potensi budidaya yang baik dan benar. Adapun ikan yang dibudidayakan di antaranya ikan Nila, Gurame, dan Lele.

Baca juga : OMG DIY Bagikan Topi Caping Hingga Semprotan Listrik Untuk Ribuan Petani

"Lima tips kunci sukses budidaya yakni adanya kolam, ikannya, pakan, pemeliharaan, terakhir panen dan pasca panen," kata Kusnadi, Kamis (28/7).

Kesuksesan ia dalam membudidayakan ikan air tawar ingin ia terapkan kepada para peserta. Ia berharap, pelaku budidaya ikan di Kota Banjar bisa mengikuti jejaknya hingga berhasil meraup keuntungan dengan modal yang murah dan praktik budidaya yang tepat serta efisien.

"Dalam membudidayakan ikan air tawar pemberian pakan juga tidak sembarangan. Hal itu juga menjadi kunci penting supaya hasil panen melimpah. Pakan ikan yang diberikan menggunakan maggot," kata Kusnadi. 

Baca juga : Sahabat Ganjar Tebar Ratusan Paket Sembako Di Cirebon

Nama Maggot mendadak populer di kalangan pembudidayaan ikan di Indonesia. Hal tersebut karena Maggot sangat berkualitas dan mengandung protein tinggi yang dibutuhkan oleh ikan. Ia juga mengatakan, sosok Sandiaga yang bertanggung jawab atas kehidupan layak masyarakat, membuat Sandiaga didukung oleh warga setempat. 

"Dengan adanya pelatihan ini, kita bersama-sama, bergandengan tangan, melanjutkan, untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kami berjasama dengan Sahabat Sandiuno dalam pelatihan ini. Sosok Pak Sandi sendiri bertanggung jawab memberi kehidupan layak pada rakyatnya, Pak Sandi konsiten pada program kebangkitan ekonomi," kata Kusnadi. 

Lili, salah satu warga Lingkungan Pintusinga Kota Banjar mengaku senang dengan adanya pelatihan ini, ia berencana ingin membudidayakan ikan air tawar di kolam miliknya dengan konsep yang diberikan dalam pelatihan tersebut. Ia juga turut mendukung Sandiaga Uno di Pilpres 2024 mendatang. 

Baca juga : Genjot Vaksin, Booster Akan Diwajibkan Syarat Pada Kegiatan Masyarakat

"Dengan mengikuti pelatihan ini, sosok Pak Sandi memperhatikan hal tersebut. Karena beliau sendiri sudah memiliki pengalaman dalam memimpin perusahaan. Nah figur pemimpin seperti Sandi Uno yang kami harapkan memimpin Indonesia. Jadi kalo Pak Sandi nyalon jadi Presiden, InshaAllah, kami siap mendukung," kata Lili. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.