Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukungan Ke Puan Nyapres Muncul Di Sumut

Minggu, 31 Juli 2022 09:55 WIB
Pejuang Puan Maharani di Sumatera Utara/Ist
Pejuang Puan Maharani di Sumatera Utara/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelombang dukungan terhadap Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024 makin menguat dengan munculnya berbagai relawan di berbagai daerah. Terkini, di Sumatera Utara (Sumut).

Menamakan diri Pejuang Puan Maharani, warga dari bagian Barat Indonesia tersebut bertekad bulat mendukung cucu Presiden RI pertama Soekarno itu untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Jokowi.

“Pejuang Puan Maharani ini muncul karena melihat potensi Puan memimpin negeri ini. Meski beliau perempuan, terbukti berhasil mengimbangi pembangunan Presiden Jokowi, dan kita merasa punya beban moral mendukung tokoh yang memang teruji dan terbukti," ujar Nugra Ferdino, Koordinator Relawan Pejuang Puan Maharani, Sabtu (30/7).

Baca juga : Mahfud Nolak Operasi Militer

Relawan tersebut, kata dia, dideklarasikan Selasa, 26 Juli 2022 dengan anggota dari berbagai kalangan yang menaruh simpati,  harapan dan keyakinan Puan sosok yang tepat dan cakap menduduki kursi presiden selanjutnya setelah Jokowi.

"Selain soal kepastian terusung, Puan Maharani menjadi harapan bangsa kita ke depan. Beliau diterima banyak kelompok, punya kemampuan menyatukan politik pecah belah yang selama ini menyala. Terpenting, beliau punya trah nusantara, tidak saja Jawa, tetapi di luar Jawa," tegasnya.

Fenomena munculnya gerakan relawan yang mendukung Puan Maharani, menurut Direktur eksekutif Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah, Puan sosok yang diterima berbagai kalangan masyarakat Nusantara.

Baca juga : Pogba Sumringah Kembali Ke Pelukan Nyonya Tua

Dukungan semacam ini punya dua tafsir, pertama tentang ketokohan Puan mulai diketahui publik sebagai tokoh potensial terusung, dan punya kapasitas kepemimpinan sesuai harapan publik. 

Kedua, adanya peningkatan simpati publik terhadap Puan, ini bisa karena keberhasilan promosi politik yang selama ini mengemuka. Atau karena faktor pengetahuan publik tentang Puan yang ikut meningkat.

Dedi juga mengatakan, Puan yang mewarisi trah biologis dan ideologis Soekarno serta Megawati Soekarnoputri, menjadi sosok yang paling potensial merajut persatuan di internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Baca juga : Bahlil Disanjung Paloh Cs

"Bagi PDIP, jauh lebih mudah lakukan konsolidasi partai jika mengusung kader utama. Terlebih, jika miliki simbol trah Megawati, karena tidak dapat dihindari besarnya PDIP lebih banyak karena faktor Megawati," pungkasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.