Dark/Light Mode

Dukung Sultan Yogya Hingga Bos Muhammadiyah Nyapres

PAN Buka Aspirasi Akar Rumput

Jumat, 1 Juli 2022 08:00 WIB
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno. (Foto: jawapos.com)
Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno. (Foto: jawapos.com)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demokratisasi di internal Partai Amanat Nasional (PAN) berjalan dengan semangat keterbukaan. Indikatornya, muncul beragam nama Calon Presiden (Capres) dari beragamtingkat kepengurusan partai di daerah. Ada nama kader internal, hingga nonkader.

“Saya kira ini sebuah pernyataan dari akar rumput yang kita minta disampaikan ke DPD (Dewan Pimpinan Daerah) kemudian ke DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dan akhirnya ke DPP (Dewan Pimpinan Pusat).Kita sangat terbuka,” ujar Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Raih Dukungan Internal Tertinggi Untuk Nyapres, Gobel Ucapkan Terima Kasih

Bagi Eddy, hal ini bagian dari demokratisasi di tubuh PAN. Tentu, hasilnya biasa terjadi perbedaan nama dari suatu daerah ke daerah lainnya. Tergantung, peran dan ketokohan nama-nama yang diusungkan di suatu daerah atau basis massa PAN. Disebutkan, pengurus PAN Jawa Timur banyak yang menyebut nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai capres ideal.

Nah, di Jawa Barat berbeda lagi, ada nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau Kang Emil. Pun, Sang Sekjen juga tidak menampik namanya juga muncul di daerah pemilihan (dapil) Bogor bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto.

Baca juga : Dukung Anies Jadi Presiden, PPP Bekasi Tunggu Putusan DPP

Kondisi ini membuktikan, PAN tidak ada yang bisa mengintervensi dan para pengurus diberikan kesempatan bersuara. “Sesungguhnya kita bisa mendapatkan masukan dari akar rumput. Kita mengharapkan adanya pertisipasi aktif masyarakat dalam hal ini untuk mengajukan calon-calon pemimpin kita, di tahun 2024 ke depan,” pungkasnya.

Sepekan ini, muncul suara-suara berbeda di masing-masing kepengurusan DPD PAN ihwal usulan jagoan Capres-Cawapres 2024. Paling anyar, kemarin, di DPD PAN Kabupaten Blitar. Di sini, muncul 24 rekomendasi Pilpres 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.