Dark/Light Mode

Catatan Fikrul Hanif Sufyan

Kisah Di Balik Di-Digoel-kannya Mochtar Lutfi

Senin, 1 Agustus 2022 10:30 WIB
Fikrul Hanif Sufyan, Penulis, Pemerhati dan Pengajar Sejarah
Fikrul Hanif Sufyan, Penulis, Pemerhati dan Pengajar Sejarah

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Muslimin Indonesia atau diakronimkan dengan PERMI, menarik untuk disimak. Tidak hanya berhubungan dengan ideologi yang dibangunnya, yakni Islam Kebangsaan, namun juga trio di baliknya.

Iljas Jacob, Djalaloeddin Thaib, dan Mochtar Lutfi adalah trio suksesor PERMI yang lahir dari rahim Sumatra Thawalib Padang Panjang, Sumatra Barat. Satu di antara trio yang mengkhawatirkan Residen Sumatra Barat G.F.E Gonggrijp, adalah Mochtar Lutfi.

Baca juga : Catat! Ini 4 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pj Gubernur

Mochtar Lutfi, Anak Ulama Menjadi Guru Agama

Terlahir di Balingka tahun 1897 (de Tribune, 13 April 1934) Kabupaten Agam Sumatra Barat –Mochtar Lutfi adalah anak dari Haji Abdoel Latief Rasjidi– ulama yang kali pertama mengajar di Surau Jembatan Besi, bersama ayah Haji Abdullah Ahmad.

Baca juga : Perhatikan 8 Hal Ini, Supaya Arus Balik Dari Sumatera Ke Jabodetabek Lancar

Mengawali pendidikannya di Volkschool Balingka pada 1909. Setamat dari sekolah itu, Abdoel Latief Rasjidi membawa anaknya itu, untuk belajar dengan Haji Abdul Karim Amrullah (Haji Rasul) pada 1911.

Di Surau Jembatan Besi, pemikiran kritis Mochtar mulai menemukan jalannya. Ia berubah menjadi seorang orator ulung dan mampu berdebat soalan agama Islam. Karena bakatnya itulah, perintis Diniyah School –juga murid kesayangan Haji Rasul, bernama Zainuddin Labay el-Yunusi segera merekrut Mochtar.

Baca juga : Bupati Nonaktif Langkat Tiba Di Markas KPK, Bakal Diperiksa Soal Kerangkeng Manusia

Ia langsung diberi amanah memimpin Diniyah School cabang Sibolga, Tapanuli (Sumatra Post, 14 Maret 1934). Pada 1923, Mochtar memutuskan kembali ke Padang Panjang untuk membantu Haji Rasul di Sumatra Thawalib.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.