Dewan Pers

Dark/Light Mode

BSSN Dan NISC Japan Gelar ASEAN-Japan Cybersecurity

Selasa, 2 Agustus 2022 18:15 WIB
Agenda 3rd ASEAN-Japan Cybersecurity Working Group Meeting dan 5th ASEAN-Japan Critical Information Infrastructure Protection (CIIP) Workshop tahun 2022, di Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali. (Foto: Istimewa)
Agenda 3rd ASEAN-Japan Cybersecurity Working Group Meeting dan 5th ASEAN-Japan Critical Information Infrastructure Protection (CIIP) Workshop tahun 2022, di Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan National Center of Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC) Jepang bersinergi menyelenggarakan kegiatan 3rd ASEAN-Japan Cybersecurity Working Group Meeting dan 5th ASEAN-Japan Critical Information Infrastructure Protection (CIIP) Workshop tahun 2022.

Tepatnya, kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari Selasa (2/8) sampai dengan Jumat (5/8) di Courtyard by Marriott Bali Nusa Dua Resort, Bali. Adapun Forum ASEAN-Japan Cybersecurity Meeting adalah forum yang paling aktif di regional ASEAN dalam hal pembahasan keamanan informasi dan keamanan siber.

Forum ini sudah berjalan sejak tahun 2009. Tujuan pertemuan 3rd ASEAN-Japan Cybersecurity Working Group Meeting untuk memperkuat kolaborasi dalam keamanan siber. Juga meningkatkan kapasitas keamanan siber antar negara ASEAN dan Jepang.

Berita Terkait : Mantan Gubernur Djarot Jagokan Heru Kasetpres

Dalam kegiatan ini, hadir Kepala BSSN Hinsa Siburian dan Konselor untuk Strategi Internasional NISC Jepang Mr Nobuhiro Watanabe.

Turut hadir para delegasi dari negara anggota ASEAN, Jepang, dan Sekretariat ASEAN. Hinsa Siburian tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini dengan memberikan keynote speech serta membuka kegiatan.

Ia memastikan, Indonesia sebagai negara anggota ASEAN berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam mendukung terciptanya ruang siber yang aman dan damai di kawasan Asia Tenggara dan global.

Berita Terkait : Teman Sandi Gelar Lomba Adzan Hingga Cerdas Cermat Islami Di Banten

"Oleh sebab itu, kami terus berupaya melakukan penguatan kapasitas dan kapabilitas keamanan siber di dalam negeri. Serta mendorong sinergi dan kolaborasi, baik secara bilateral, regional, maupun global dalam menghadapi ancaman dan serangan siber," ujar Hinsa.

BSSN menyambut baik kesempatan menjadi tuan rumah 3rd ASEAN-Japan Cybersecurity Working Group Meeting.

Pasalnya, forum tersebut sangat bermanfaat bagi Tanah Air untuk menegaskan komitmen Indonesia dalam menciptakan keamanan siber serta mendukung terciptanya ruang siber yang aman dan damai di kawasan dan global. â–