Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Putra Asli Papua Bagikan Bendera Merah Putih Di Aceh

Minggu, 14 Agustus 2022 22:29 WIB
Putra asli Papua, John Wempi Wetipo yang juga Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) membagikan bendera Merah Putih di Tamansari Bustanus Salatin Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sabtu (13/8). (Foto: Istimewa)
Putra asli Papua, John Wempi Wetipo yang juga Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) membagikan bendera Merah Putih di Tamansari Bustanus Salatin Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sabtu (13/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, ada peristiwa menarik yang ditunjukkan seorang putra asli Papua, John Wempi Wetipo yang juga Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri). Dia membagikan bendera merah putih di Tamansari Bustanus Salatin Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Sabtu (13/8).

Kegiatan itu merupakan rangkaian dari Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih untuk menyambut peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diinisiasi Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Pol dan Pum) dengan pembagiannya dimulai dari tiga kota yakni Merauke, Banda Aceh dan Surabaya.

"Gerakan pembagian 10 juta bendera dalam rangka HUT ke-77 RI ditandai dengan kehadiran Bapak Mendagri di Merauke, dan hari ini saya di Aceh untuk gerakan yang sama," kata John Wempi Wetipo.

Baca juga : BNPT Ajak Mitra Deradikalisasi Berpartisipasi Dalam Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih di Surabaya

Kehadirannya sebagai orang timur Indonesia di wilayah Aceh memberikan harapan besar bahwa dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Wempi mengatakan Aceh dan Papua merupakan bagian dari kekuatan besar yang dimiliki Indonesia.

"Seperti Bhinneka Tunggal Ika, meski kita berbeda-beda tetapi tetap satu. Saya dari timur Indonesia datang ke wilayah barat karena kita adalah satu yang tak dapat dipisahkan, NKRI harga mati," ujarnya.

Wempi mengatakan, adanya kepercayaan yang diberikan Presiden Jokowi kepadanya untuk menjadi Wamendagri turut mengokohkan keyakinan bahwa generasi muda Aceh juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemimpin di Indonesia.

Baca juga : Mendagri Kenang Peristiwa Hotel Yamato

"Saya mewakili masyarakat dari timur Indonesia yang diberi mandat kepercayaan oleh Bapak Presiden, ternyata orang timur seperti saya juga diberi kesempatan oleh negara untuk bisa menjadi pemimpin bangsa di republik ini," kata John Wempi Wetipo.

Wempi mengatakan, Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan upaya untuk memupuk semangat nasionalisme. Terlebih, Agustus identik sebagai bulan kemerdekaan karena pada 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dari para penjajah.

"Sehingga tanggal 17 Agustus merupakan hari berbahagia seluruh rakyat Indonesia, dan membuat kita bersyukur dapat menikmati hidup sebagai bangsa yang diakui sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia dalam naungan NKRI," ujar Wamendagri.

Baca juga : Setan Merah Masih Dihantui Keretakan

Wamendagri John Wempi mengatakan upaya membangun semangat nasionalisme dapat dilakukan melalui berbagai program kegiatan. Salah satunya mengibarkan bendera Merah Putih melalui Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.