Dark/Light Mode

Komunitas Kolaborasi Gelar Parade Bendera Jelang HUT RI Ke 77

Minggu, 31 Juli 2022 19:18 WIB
Komunitas Kolaborasi melakukan serangkai kegiatan parede bendera merah putih dalam memperingati Kemerdekan RI  ke-77 RI di akarta, Minggu (31/7).
Komunitas Kolaborasi melakukan serangkai kegiatan parede bendera merah putih dalam memperingati Kemerdekan RI ke-77 RI di akarta, Minggu (31/7).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Kolaborasi melakukan serangkai kegiatan dengan berbagai pertunjukan di sekitar Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda (JPOS) Phinisi, Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Minggu (31/7). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke-77 tahun . 

Ketua Komunitas Kolaborasi, Sonny Muhammad mengatakan, rangkaian pertunjukan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan yang dimulai dengan parade bendera oleh 277 pembawa bendera (paskibra yang berasal dari SMA-SMA se-DKI Jakarta) dan diiringi oleh Perkusi dengan memakai baju daerah dari Sabang sampai Merauke. 

Baca juga : Perpusnas-UKI Tana Toraja Kolaborasi Gelar Webinar Kegemaran Membaca

“Kita akan memulai tentang bulan kemerdekaan yang digagas oleh komunitas kolaborasi dengan tema ‘Kolaborasi Jakarta, Kolaborasi Indonesia’,” ujar Sonny Muhammad melalui keterangan resminya. 

Setelah pembukaan ini, Komunitas Kolaborasi juga akan membuat rangkaian kegiatan di antaranya pengibaran bendera nasional, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan, serta penghormatan bendera nasional di 200 sejumlah titik di wilayah DKI Jakarta, Senandung Kemerdekaan, dilakukan oleh sejumlah kelompok paduan suara di 11 titik di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga : Ketua Konsorsium Proyek e-KTP Berganti Di Tengah Jalan

Selain itu, Lomba Tiktok, Drama Kolosal “Kemerdekaan”, dan Festival Mural juga akan mengisi rangkaian kegiatan komunitas Kolaborasi Jakarta dan berbagai kelompok. Sonny menyebutkan, nantinya rangkaian kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan peserta. 

“Yang terlibat kurang lebih sekitar 1000 orang nanti akan dilaksanakan pada 31 Juli sampai 16 Agustus 2022. Mereka ini adalah ada pelajar, ada teman-teman dari masing-masing personal, ada beberapa komunitas yang ingin memberikan sesuatu untuk ibu pertiwi,” imbuh Sonny. 

Baca juga : Musisi Buddhis Malaysia dan Jepang Kolaborasi Gelar Konser di JIEXPO Theatre

Lebih lanjut, Sonny mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu pengingat kembali peristiwa 1945 yang merupakan tonggak penting dalam kehidupan Negara-Bangsa Indonesia.

“Dalam rangka kemerdekaan, kita ingin mengulang kembali 1945, di mana pada saat itu masyarakat Indonesia memberikan apa yang mereka punya untuk kemerdekaan. Kita ingin mengenang kembali hal itu, bahwa di bulan kemerdekaan ini waktunya kita memberi untuk ibu pertiwi,” tutup Sonny.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.