Dark/Light Mode

Presiden Takut Inflasi

Rakyat Cemas Sembako Naik

Jumat, 19 Agustus 2022 06:50 WIB
Ilustrasi. Suasana pasar sembako di Kebayoran Lama, Jakarta. (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi. Suasana pasar sembako di Kebayoran Lama, Jakarta. (Foto: NG Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
“Pertalite, Pertamax, solar, LPG, listrik itu bukan harga yang sebenarnya, bukan harga keekonomian, itu harga yang disubsidi oleh Pemerintah yang besarnya itu, hitung-hitungan kita di tahun ini subsidinya Rp 502 triliun, angkanya gede sekali,” bebernya.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengakui, pengendalian inflasi penuh tantangan imbas kenaikan harga komoditas sebagai buntut kondisi geopolitik global. Meski begitu, TPIP dan TPID akan terus berupaya melakukan berbagai program dan kebijakan pengendalian inflasi yang adaptif dan inovatif.

Baca juga : Sukur Nababan Jalan Sehat Bersama Ribuan Warga Cikarang

Menurut dia, terkendalinya inflasi saat ini karena sinergi kuat antara Pemerintah Pusat dan daerah, serta Bank Indonesia (BI) dalam berbagai program kebijakan pengendalian inflasi. TPIP dan TPID telah melak sanakan berbagai program kebijakan dalam kerangka 4K, yaitu Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi Efektif.

Gubernur BI, Perry Warjiyo memprediksi, inflasi 2022 berisiko melebihi target yang ditetapkan, yakni 3 persen plus minus 1 persen. Terutama disebabkan tingginya inflasi kelompok pangan 11,47 persen. “Mestinya tidak lebih dari 5 persen, atau maksimal 6 persen,” kata Perry.

Baca juga : Peringatan 77 Tahun Hiroshima, RI Serukan Dunia Bebas Senjata Nuklir

Lalu apa kata ekonom? Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengamini, terjaganya inflasi saat ini karena harga BBM tidak naik. Hitungannya, jika Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10 ribu per liter, bukan tidak mungkin inflasi tembus 6-6,5 persen secara tahunan.

Sebab itu, Pemerintah harus memikirkan efek kenaikan harga terhadap UMKM. Karena BBM subsidi bukan hanya dinikmati kendaraan pribadi, tetapi juga digunakan untuk kendaraan operasional UMKM.

Baca juga : Tekuk Wakil DKI, Zaki Persembahkan Kemenangan Untuk Jateng

“Jika harga BBM naik, maka harga sembako akan naik. Ini yang dicemaskan rakyat,” katanya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.