Dark/Light Mode

Rame Desakan Satgassus Polri Kudu Diaudit

Sabtu, 20 Agustus 2022 08:05 WIB
Logo Satgassus Merah Putih (Foto: Istimewa)
Logo Satgassus Merah Putih (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dorongan agar Satgassus diaudit, lanjut @MkomEliya, tidak cukup hanya menyuarakan di ruang publik, perlu gera­kan lebih nyata untuk membuat laporan ke berbagai lembaga. “Mungkin ini bisa menjadi titik awal reformasi polisi,” ka­tanya.

Menurut @NephiLaxmus, tanpa au­dit Satgassus secara tuntas oleh Tim Independen, perbaikan di Kepolisian hanya sekadar basa-basi dan pole­san make-up untuk menyembunyikan borok saja. Kata dia, sewaktu-waktu bisa saja tersingkap lagi dengan kondisi lebih buruk.

Baca juga : Subsidi BBM Yang Dinikmati Orang Kaya Kudu Dievaluasi

“Satgassus dibubarkan baru lisan. Seharusnya, audit dengan melibatkan PPATK, dengan memeriksa aliran dana ke siapa saja duit haram itu mengalir,” ujar @Jajang103.

“Akan terlihat serius ketika anggota Satgassus diperiksa dan diaudit dengan melibatkan KPK dan PPATK,” sahut @ endy_kh.

Baca juga : Kecam Penikaman Salman Rushdie, JK Rowling Diancam Via Twitter

Menurut @Kakekpembina, kemarahan publik tidak akan bisa terobati bila Polri tidak serius bersih-bersih, dengan lang­kah lebih konkret. Selain pembubaran Satgasus, juga harus melibatkan PPATK menulusuri aliran dana dan usut dugaan penyalahgunaan wewenang.

“Dengan audit Satgassus Merah Putih akan pulihkan kepercayaan masyarakat dan mengembalikan marwah institusi Polri,” ujar @dyta0303.

Baca juga : BNPT Berkomitmen Kembangkan Kualitas Dan Kuantitas KTN

Namun, @Sandysandiego76 pesimistis Polri akan mempersilakan lembaga lain mengaudit Satgassus Polri. Soalnya, Polri kemungkinan takut terbongkar se­mua borok, termasuk kasus di km 50 tol Jakarta-Cikampek.

“Satgassus bagian dari managemen internal Polri dan mempunyai tujuan baik. Untuk memudahkan penanganan kejahatan tanpa ada sekat,” kata @glon­dor69. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.