Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sebut Pensiunan PNS Bebani Negara

Sri Mulyani Dikecam

Sabtu, 27 Agustus 2022 06:40 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Instagram @smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (Foto: Instagram @smindrawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan Sri Mulyani sedang diomelin banyak pihak. Gara-garanya, Sri Mul bilang pensiunan membebani negara. Para pensiunan, purnawirawan, sampai warganet pun mengecam pernyataan Sri Mul itu.

Sri Mul sebenarnya tidak secara eksplisit menyebutkan pensiunan dan purnawirawan membebani negara. Tapi, dari paparannya dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi XI DPR, Rabu (24/8), mengarah ke sana.

Baca juga : Keluar Penjara, Koruptor Malah Dikasih Bunga

Saat itu, ia meminta skema pensiun saat ini diubah. Sebab, skema yang ada sekarang, penghitungan pensiunan PNS masih pay as you go, yakni hasil iuran 4,75 persen dari gaji PNS yang dikumpulkan di PT Taspen dan ditambah dana dari APBN. Begitu pula dengan TNI dan Polri yang menggunakan skema sama namun dikelola PT Asabri. "Reformasi di bidang pensiun menjadi sangat penting," usulnya.

Reformasi di bidang pensiun ini dipandang penting karena selama ini pembayaran pensiunan seluruhnya mengandalkan APBN. Sehingga dinilai membebani APBN dalam jangka panjang. Uang pensiun ini harus dibayarkan negara secara terus-menerus, bahkan ketika pegawai sudah meninggal, yakni untuk pasangan dan anak hingga usia tertentu.

Baca juga : Ketua MPR Apresiasi Pembangunan Menara Syariah di PIK 2

"Akan menimbulkan suatu risiko dalam jangka yang sangat panjang. Apalagi nanti kalau kita lihat jumlah pensiunan yang akan sangat meningkat," sambungnya.

Para warganet sakit hati pensiunan atau purnawirawan dipandang sebagai beban negara. Salah satunya diutarakan akun @priyo_csp.

Baca juga : Dubes RI Serahkan Paket Sembako Untuk Warga Sri Lanka

"Sakit banget kalau gua jadi pensiunan PNS dibenginiin. Saat masih aktif diwajibkan mengabdikan diri sebagai aparatur negara, waktu pensiun kalian bilang baban negara," tulisnya.

Akun @JabreakYudha yang mengaku purnawirawan TNI juga melampiaskan emosinya. "Dikira rakyat Indonesia semuanya bodoh kali. Saya Purn TNI. Uang Asabri atau TWP juga uang saya atau kita sendiri yang dipotong setiap bulan. Negara justru diuntungkan karena bisa memutar uang tersebut sebelum yang bersangkutan pensiun. Aneh saja kalau gaji pensiunan membebani negara," cuitnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.