Dark/Light Mode

Tamtama Saja Yang Copot Bintang Sambo, Tidak Perlu Presiden

Senin, 29 Agustus 2022 08:05 WIB
Mantan Kadiv Propam Polri yang juga tersangka pembunuhan berencana Brigadir Yosua Irjen Ferdy Sambo (tengah) keluar ruangan usai melaksanakan sidang kode etik di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022). (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Mantan Kadiv Propam Polri yang juga tersangka pembunuhan berencana Brigadir Yosua Irjen Ferdy Sambo (tengah) keluar ruangan usai melaksanakan sidang kode etik di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/8/2022). (Foto: Khairizal Anwar/RM)

 Sebelumnya 
“Memecat Sambo nggak perlu presiden yang turun tangan,” ujar @Priadisamudra78.

Menurut @RobbySanzz_, kalau yang saya baca, untuk pemberhentian setingkat pati memang dilakukan oleh Presiden, sesuai dengan Keppres No.7/2002, pasal 29. Tapi untuk pelucutan pakaian dinas, berikut lencana dari yang bersangkutan cukup diselesaikan secara internal.

Akun @indera_prabu mengatakan, citra Presiden Jokowi justru akan tercoreng jika secara langsung melucuti pakaian dinas dan bintang di pundak Sambo. Dia heran, pemecatan saja harus pakai prosesi oleh presiden segala.

Baca juga : Permendag 25 Tahun 2022 Dinilai Perlu Direvisi

“Ini namanya pemecatan dengan cara dihormati,” kata @indera_prabu. “Ini mungkin warning untuk siapa pun yang terlibat di Polri, kalau Polri nggak bisa benahi tuntas, presiden turun tangan,” timpal @MarhestT.

Akun @MrsGFLG mengatakan, seharusnya pakaian dinas dan bintang di pundak Sambo dilucuti oleh polisi berpangkat Tamtama. Dengan begitu, kata dia, akan berdampak bagi bintang 2 ini kapok, dan tidak sombong lagi.

“Dan nggak semena-mena terhadap orang-orang yang dianggapnya hanya menempati posisi yang jauh di bawah posisinya,” ujarnya.

Baca juga : Di Istana, Para Menteri Joget Depan Presiden

Akun @valennels tidak setuju pemecetan Sambo harus dilakukan oleh Presiden. Dia mengatakan, manusia biadab psycho tidak layak diurus presiden.

“Suruh aja pengawal pak @jokowi,” cetusnya.

Senada diungkapkan @HSingati. Menurut dia, kurang elok jika presiden langsung yang mencopot pangkat Sambo. Kata dia, untuk level Presiden hanya untuk pencopotan panglima, bukan bintang dua.

Baca juga : Terima 4 Bintang Kehormatan Utama, Prabowo: Terima Kasih Presiden Jokowi

“Apakah memang aturan pencopotan bintang harus oleh presiden? Sambo kan bintang 2, masih ada di atasnya yang bintang 3 dan 4, ada komandannya juga, ada Kapolri juga. Seistimewa itukah Sambo?” kata @Itoonk1. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.