Dark/Light Mode

Energy Transition Youth Forum

Anak Muda Serukan Dukungan Transisi Energi Negara-negara G20

Kamis, 1 September 2022 21:35 WIB
Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana (tengah) dalam acara Energy Transition Youth Forum di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9). (Foto: Humas ESDM)
Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana (tengah) dalam acara Energy Transition Youth Forum di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/9). (Foto: Humas ESDM)

 Sebelumnya 
Menurut Cohen, upaya ini sejalan dengan dukungan USAID kepada Indonesia, untuk memperluas layanan energi yang andal dan adil. Demi memajukan pembangunan berkelanjutan, dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif.

"USAID dengan bangga mendukung Presidensi G20 Indonesia. Terutama, untuk transisi energi yang berkelanjutan," ucap Cohen.

Semangat berkontribusi dalam transisi energi juga disampaikan Senior Vice President Research Technology and Innovation PT Pertamina (Persero), Oki Muraza.

Baca juga : CSIS: Alihkan Untuk Pendidikan dan Energi Terbarukan

Oki mengatakan, Pertamina akan memegang dan mengelola 70 persen pasokan BBM Nasional.

"Kami berharap, adik-adik remaja bisa berkontribusi sebesar besarnya dalam program-program energi kita, termasuk yang terkait energi terbarukan," tutur Oki.

Dia bilang, transisi energi membutuhkan dua hal. Pertama, capital. Kedua, teknologi.

Baca juga : IPA: Gas Bumi Jadi Jembatan Transisi Energi

"Teknologi inilah yang mendasari kita untuk bekerja sama dengan banyak negara, termasuk Amerika Serikat,"ujar Oki.

"Kedua hal itu tentu saja membutuhkan sebanyak-banyaknya kerja sama dari rekan-rekan semua. Terutama, generasi muda yang tenaganya masih kuat, yang memang luar biasa. Kami berharap, generasi muda ini akan semakin besar kontribusinya di bidang-bidang energi," paparnya.

Energy Transition Youth Forum Bali merupakan hasil kolaborasi bersama antara Kementerian ESDM, USAID-Sustainable Energy for Indonesia's Advancing Resilience (SINAR), New Energy Nexus Indonesia (NEX), PT Amman Mineral Nusa Tenggara, PT Pertamina (Persero). Serta berbagai komunitas energi yang ada di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.