Dark/Light Mode

Kritisi Hasil Musra

Relawan Ganjar Pranowo Siap Melawan Jokowi...

Jumat, 2 September 2022 08:00 WIB
Immanuel Ebenezer. (Foto: YouTube)
Immanuel Ebenezer. (Foto: YouTube)

 Sebelumnya 
Noel juga mencium narasi tiga periode ini untuk menjegal capres yang punya elektabilitas tinggi. Seperti jagoannya, Ganjar Pranowo. Apalagi sebelumnya, Jokowi bilang tokoh elektabilitas tinggi tak menjamin menjadi Presiden. Padahal, publik tentu ingat, mantan Walikota Solo itu dua kali menjadi Presiden karena elektabilitasnya tinggi.

“Pak Jokowi harus ingat itu. Beliau ini presiden produk elektabilitas tinggi dalam survei. Benar bahwa yang mencalonkan partai politik, tapi tentu elektabilitas tinggi adalah basis dari dari popularitas dan kinerja optimal,” katanya.

Baca juga : Mak Ganjar Jawa Barat Serukan Dukungan Ganjar Pranowo Presiden 2024

Sementara itu, CEO & Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC) Rio Prayogo menilai, jawaban Jokowi yang ngambang soal tiga periode tak lepas dari asal dan karakter kepemimpinan njawani Jokowi yang terbiasa gaya berkomunikasi dengan bahasa bersayap.

Tetapi, Rio menyakini Jokowi akan cukup dua periode. Seperti yang telah ditegaskan mantan Gubernur DKI itu sebelumnya. Menurutnya, narasi tiga periode ini akan terus mengemuka selama ada ketidakpastian dukungan Jokowi terhadap nama capres. Namun, untuk menjegal capres yang elektabilitas tinggi sangat kecil kemungkinannya.

Baca juga : Ribuan Warga Banten Suarakan Ganjar Pranowo Presiden 2024

“Jokowi hanya menggertak atau kirim sinyal. Sebab, bagaimanapun, Jokowi juga aktor politik yang berkepentingan pada 2024. Paling tidak, Jokowi ingin proyek prestisius seperti Ibu Kota Negara (IKN) diteruskan presiden berikutnya,” kata Rio kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Diketahui, Musra relawan Pro Jokowi perdana menyatakan, dari total 5.721 peserta Musra, Jokowi dipilih 1.704 orang atau 29,79 persen. Di bawah Jokowi ada Sandiaga Uno (16,92 persen), Ganjar Pranowo (16,10 persen), Prabowo Subianto (11,20 persen), Anies Baswedan (9,02 persen), Ridwan Kamil (5,17 persen), Puan Maharani (4,16 persen), Dedi Mulyadi (2,87 persen), Moeldoko (2,57 persen), Andika Perkasa (1,42 persen), dan lainnya (0,89 persen).

Baca juga : Terima 4 Bintang Kehormatan Utama, Prabowo: Terima Kasih Presiden Jokowi

Di Musra ini juga dipilih bakal cawapres. Hasilnya, Ridwan Kamil nangkring di posisi teratas dengan 38,89 persen. Di bawahnya ada Airlangga Hartarto (13,25 persen), Erick Thohir (12,81 persen), Arsjad Rasjid (10,33 persen), Puan Maharani (9,49 persen), Anies Baswedan (4,88 persen), Sandiaga Uno (4,06 persen), Ganjar Pranowo (2,76 persen), Moeldoko 1,54 persen, Dedi Mulyadi (0,75 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (0,68 persen). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.