Dark/Light Mode

Bumikan Pancasila, BPIP Gandeng Konten Kreator Bali

Senin, 5 September 2022 20:17 WIB
Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila di Bali. (Foto: Ist)
Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila di Bali. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
"Saya berpesan kepada para peserta diklat untuk menyimak dan mencatat baik-baik materi yang akan diberikan. Melalui penyerapan materi PIP para peserta diharapkan mampu mengimplementasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam sikap, perilaku, etos kerja, etika, dan terobosan-terobosan baru," tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Ketua Dewan Pengarah BPIP Mayor Jenderal TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya mengatakan, Pancasila harus semakin mantap jika semua terlibat dalam menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

"Pancasila tidak akan ada artinya jika nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tidak dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya saat menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Baca juga : Tulis Pesan Perpisahan Di Dinding Kamar Mandi

Ia juga menegaskan Pancasila harus dijelmakan dalam kegiatan penyelenggaraan kedaulatan negara, pemerintahan maupun kebangsaan. "Pancasila sebagai etik, moral dan norma yang harus dijelmakan dalam kehidupan politik demokrasi", paparnya.

Tidak hanya itu, generasi muda atau milenial sangat berperan penting dalam penjelmaan Pancasila dalam kehidupan ha sehari-hari sesuai dengan profesinya.

Wakil Gubernur Bali Prof Tjok Oka Sukawati berterima kasih kepada BPIP karena sudah mengajak generasi muda Provinsi untuk berkolaborasi dalam pembumian Pancasila. "Kegiatan ini upaya membangun sinergitas dalam gotong royong untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

Baca juga : Erick Dan Teten Gandeng Marketer Bantu UMKM

Pihaknya juga mendukung kegiatan tersebut untuk sebagai upaya pembangunan karakter anak-anak bangsa. "Kami mendukung BPIP dan generasi muda dalam mengembangkan karakter Pancasila," paparnya.

Ia mengakui generasi muda saat ini bergaulnya tidak lepas dari teknologi dari bidang apapun, namun perlu ada benteng untuk menjaganya supaya tidak kebablasan. "Saya berharap kegiatan ini dapat dipahami dan dihayati terutama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," harapnya.

Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Baby Siti Salamah,  melaporkan kegiatan tersebut atas dasar Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018.

Baca juga : Si Apeng Juara 1 Koruptor

"Presiden Joko Widodo pada saat Presidential Lecture, 3 Desember 2019 di Istana Negara, memberikan arahan bahwa yang lebih penting saat ini adalah membumikan dan menanamkan nilai-nilai Pancasila itu sendiri, terutama kepada anak-anak muda," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.