Dark/Light Mode

Ini Omongan Komnas HAM

Sambo Mafia Dan Banyak Duit

Selasa, 6 September 2022 06:50 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. (Foto: Antara)
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik bikin geger publik. Dalam sebuah video singkat yang viral di media sosial, Taufan menyinggung soal eks Kadiv Propam, Irjen Ferdy Sambo. Kata dia, Sambo itu mafia dan banyak duit.

Video yang viral itu, berdurasi pendek, sekitar 3 menitan. Awalnya hanya sedikit warganet yang mengunggah video itu, mulai dari akun @ceritasumut dan @6undul0h. Namun, dalam waktu singkat, video itu langsung viral. Banyak warganet yang ikut membagikan video itu.

Dalam video itu, tampak Taufan yang mengenakan batik sedang duduk santai berbincang dengan sejumlah wartawan. Dalam perbincangan itu, Taufan antara lain mengingatkan penyidik agar berhati-hati dalam membuat BAP tersangka Ferdy Sambo dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J. Soalnya, kata dia, Sambo bukan orang sembarangan. Sambo yang puluhan tahun berkarir di reserse, pasti tahu cara meloloskan diri.

Baca juga : Sambo Dan Putri Bisa Bebas

“Sambo bukan orang sembarangan puluhan tahun jadi reserse. Bukan nggak tahu dia cara hahah (melakukan penyidikan) iya kan, sebagai bos mafia, dia tahu caranya keluar dari (dakwaan),” kata Taufan, dalam video tersebut.

Taufan lalu menceritakan pengalamannya saat mengikuti rekonstruksi pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di kediaman Ferdy Sambo. Saat rekonstruksi itu, Taufan menceritakan kondisi Sambo saat menjalani rekonstruksi dan saat dimintai keterangan oleh Komnas HAM. Kata dia, Sambo kadang menangis. Di beberapa momen, Sambo juga terlihat tertawa.

“Orang waktu saya tanyain segala macam ada saat dia nangis, ada saat dia senyum seperti kira-kira bahasa isyarat ‘lu nggak tahu siapa gua kali ya’, senyum ya,” lanjutnya.

Baca juga : Ini Yang Akan Dibahas Puan Saat Ketemu Airlangga Dan Prabowo

Taufan lantas mengingatkan, agar penyidik jangan terlalu terpaku pada keterangan saksi atau tersangka. Karena bisa saja dalam persidangan, saksi atau tersangka itu mencabut BAP.

Video tersebut menuai banyak komentar warganet, antara lain menyoroti soal omongan Taufan yang menyebut Sambo sebagai “bos mafia”. Banyak yang mengaitkan omongan Taufan ini dengan kecurigaan banyak orang kalau Sambo memang ‘orang sakti’, sehingga bisa mempengaruhi banyak orang di personel kepolisian. Banyak juga yang mengaitkan dengan misteri “303” soal beking mafia judi yang juga pernah viral di medsos.

Setelah videonya viral, Taufan angkat bicara. Dia bilang, video itu bukanlah untuk konsumsi publik. Saat itu, dirinya hanya sedang mengobrol santai dengan sejumlah aktivis dan wartawan, usai menjadi pembicara dalam diskusi dengan penyandang disabilitas di Medan, Jumat (2/9). Namun, Taufan tidak membantah soal isi omongannya di video itu.

Baca juga : Sayangi Mpus Kesayangan, Cleo Kenalkan Makanan Bernutrisi

Dia hanya menyayangkan, video yang harusnya bersifat off the record itu, sampai bocor ke publik. Apalagi, video itu diunggah tanpa seizinnya. Alasannya, banyak bahasa yang kurang pas dalam video itu, bila menjadi konsumsi publik.

Maksudnya? “Kata mafia kurang tepat kalau untuk publik, itu kan istilah obrolan informal sesama teman,” kata Taufan, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.