Dark/Light Mode

Ini Alasan KPK Panggil Anies Dalam Penyelidikan Formula E

Selasa, 6 September 2022 13:50 WIB
Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)
Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Oktavian/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam penyelidikan laporan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E.

Untuk apa Anies dipanggil? Komisi antirasuah itu memandang, Anies sebagai pimpinan tertinggi di Pemprov DKI mengetahui banyak perihal acara tersebut.

"Dalam proses penyelidikan KPK tentu dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK sehingga siapa pun jika memang keterangannya dibutuhkan pasti akan kami panggil," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (6/9).

Baca juga : Anies Masih Diribetin Urusan Formula E

Ali menjelaskan klarifikasi diperlukan untuk mengumpulkan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan dugaan peristiwa pidana. Selain itu juga untuk menindaklanjuti laporan masyarakat.

"Proses ini sebagai salah satu langkah agar KPK bisa mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan peristiwa pidana dimaksud," tuturnya  

Ali berharap, Anies dapat kooperatif dengan menghadiri agenda klarifikasi dan memberikan keterangan yang sebenar-benarnya.

Baca juga : Anies Siap Diperiksa KPK Terkait Formula E

"KPK berharap pihak-pihak agar kooperatif supaya seluruh proses berjalan secara efektif dan efisien dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dan norma hukum yang berlaku," tandas Ali. 

Sebelumnya, Anies menyatakan bakal memenuhi panggilan tim penyelidik komisi antirasuah untuk memberikan keterangan soal penyelenggaraan Formula E di Jakarta yang tengah diselidiki KPK.

"Insya Allah saya akan datang dan akan membantu untuk bisa membuat semuanya menjadi jelas," ujar Anies di Jakarta, Senin (5/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.