Dark/Light Mode

Masuk Tahap Akhir, Astra Gelar Uji Beban Jembatan Ciujung

Senin, 18 Juli 2022 22:59 WIB
Pembangunan pelebaran Jembatan Ciujung memasuki tahap akhir..
Pembangunan pelebaran Jembatan Ciujung memasuki tahap akhir..

RM.id  Rakyat Merdeka - Astra Tol Tangerang-Merak akan melakukan kegiatan uji beban atau loading test pada Jembatan Ciujung. Kegiatan tersebut, menandai bahwa pembangunan pelebaran Jembatan Ciujung memasuki tahap akhir.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas, Uswatun Hasanah menjelaskan, proses rekonstruksi Jembatan Ciujung meliputi penambahan lajur jembatan, perkuatan jembatan serta penggantian dudukan jembatan dan telah dimulai sejak Januari 2021. Saat kini, rekonstruksi tersebut sudah tahap akhir.

“Sebelum jembatan beroperasi, perlu dilakukan pengujian berupa uji beban untuk memastikan jembatan laik fungsi,” ujar Hasanah dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/7).

Baca juga : Pecah, Warga Desa Kabupaten Jember Gayeng Dukung Ganjar

Ia mengatakan, pada kegiatan uji beban meliputi uji dinamis dan uji statis. Dimana, kedua uji tersebut akan melibatkan total 30 truk bermuatan 35 ton di atas jembatan Ciujung.

“Uji beban akan dilakukan 2 tahap, yaitu untuk jembatan baja (Arah Jakarta) dan jembatan beton (Arah Merak),” katanya.

Hasanah menyampaikan, bahwa pengguna jalan yang berencana berpergian menuju Banten ataupun Jakarta, wajib menyimak tanggal-tanggal pelaksanaan uji beban berikut agar dapat merencanakan perjalanan lebih baik. 

Baca juga : Tangani Alergi Secara Mandiri, Bebas Kantuk

Uji beban tahap 1 akan dilakukan pada tanggal 19-20 Juli 2022, untuk jembatan arah Jakarta. Uji beban tahap 2 pada tanggal 25-26 Juli 2022 untuk arah sebaliknya yaitu jembatan arah Merak.

Pada uji beban tahap 1, lalu lintas arah Jakarta akan dialihkan sementara atau contra flow pada jembatan arah Merak dengan menyediakan satu lajur. 

“Demikian sebaliknya, uji beban tahap 2 arah Merak dengan metode yang sama dan penyesuaian contra flow pada jembatan arah Jakarta,” jelasnya.

Baca juga : Sambut Hari Bhayangkara, Polda Banten Gelar Debus Dan Silat

Ia mengimbau, pengguna jalan tol Tangerang-Merak yang hendak pergi ke arah Merak, dapat keluar melalui gerbang tol Cikande dan masuk kembali melalui gerbang tol Ciujung. Sebaliknya, untuk yang berpergian ke arah Jakarta, dapat keluar melalui gerbang tol Ciujung dan masuk kembali melalui gerbang tol Cikande.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.