Dark/Light Mode

Kasus Korupsi Formula E

Anies Kena Atau Tidak Jadi Gunjingan Politisi

Sabtu, 10 September 2022 07:34 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/aniesbaswedan)

 Sebelumnya 
Kehebohan soal nasib Anies ini jadi perhatian politisi Partai Demokrat Andi Arief. Eks aktivis 99 ini yakin, Anies tak terlibat kasus korupsi. Andi mendoakan agar persoalan ini cepat berakhir. "Kami yakin la tak terlibat korupsi. Memang perjuangan itu berat," kicaunya di akun @Andiarief__.

Ketua Bappilu Demokrat ini mengaku siap membela Anies dengan menyiapkan pengacara andal dari Demokrat. "Saya lama mengenal @aniesbaswedan, dan kami memahami bahwa tidak ada perjuangan yang ringan," ungkapnya.

Baca juga : Eks KSAU Tak Penuhi Panggilan KPK

Dari Kebon Sirih, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyatakan, pemanggilan Anies oleh KPK membuatnya semakin yakin ada dugaan korupsi dalam pagelaran Formula E. Pihaknya pun makin mantap menggulirkan hak interpelasi jilid II ini. Kata dia, hak interpelasi itu untuk mengevaluasi pengelolaan keuangan daerah terkait penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni 2022. Evaluasi ini tidak terpaku terhadap masa kerja Anies, yang sebentar lagi akan selesai.

"Jadi, jangan salah. Jadi seolah-olah ibaratnya ngejar-ngejar Anies. Nggak ada urusan. Kita nggak mau menyasar Pak Anies. Jadi, persepsinya jangan salah PDIP mengkriminalisasi Anies. Nggak, nggak ada urusan itu," kata Gembong.

Baca juga : Lin Che Wei Klaim Tidak Terima Untung

Lalu bagaimana tanggapan Anies? Tadi malam, Anies meresmikan Masjid Jami Al Hidayah di Duren Sawit, Jakarta Timur. Di momen itu, Anies minta didoakan agar husnul khatimah atau menutup masa jabatan dengan baik.

Dalam sambutannya, Anies berpamitan karena masa jabatannya akan berakhir pada 16 Oktober nanti. Ia bilang, suatu saat akan kembali ke masjid ini. Entah kapan. "Doakan bisa berakhir husnul khatimah," ucap Anies. "Aamiin," jawab para hadirin, serentak.

Baca juga : Narasi Islamophobia Sarat Kepentingan Politik

Mau ngapain setelah bebas tugas? Anies tak merinci. Sementara ini, ia mengaku ingin berfokus menyelesaikan tugasnya di Jakarta sebelum berpindah ke urusan lain. Dia lalu mengutip Surat Al-Insyirah ayat 7 dan 8 yang intinya berpesan apabila telah menyelesaikan suatu urusan tetap bekerja keras untuk menyelesaikan urusan yang lain.

"Jadi, satu-satu. Selesaikan dulu satu. Jangan belum selesai, sudah ke yang satunya. Selesaikan, habis itu baru selesai berikutnya," tuntasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.