Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diperiksa KPK Soal Formula E, JIS “Direndahkan” Oleh PSSI

Anies Sabar

Minggu, 11 September 2022 08:04 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Ist)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang akhir masa jabatannya sebagai Gubernur DKI, Anies Baswedan terima ujian bertubi-tubi. Usai diperiksa 11 jam oleh KPK di kasus Formula E, Stadion Jakarta International Stadium (JIS) yang jadi kebanggaan Anies, malah “dilecehkan” PSSI karena dianggap tidak memenuhi standar FIFA. Menghadapi semua ujian itu, Anies memilih sabar dan tawakal.

Kesabaran Anies ditunjukkan ketika ia memilih untuk tidak melaporkan Harian Kompas ke Dewan Pers, meskipun sudah dipanas-panasin para kerabat. Gara-garanya, foto Anies ke KPK dalam rangka memberi keterangan soal Formula E pada Rabu (7/9) lalu, dipasang dalam satu bingkai berita berjudul "Korupsi Bukan Lagi Kejahatan Luar Biasa".

Anies keberatan, lantaran isi berita yang ditulis tidak punya kaitan dengan foto dirinya di KPK. Berita utama halaman 2 Kompas, edisi Kamis 8 September 2022 itu membahas soal pembebasan bersyarat 23 narapidana tipikor. Lalu ada pula kolom daftar napi tipikor yang dibebaskan, di samping foto Anies.

"Yang aneh: yang terpampang adalah foto Gubernur DKI. Tidak ada hubungan dengan topik yang ditulis di dalam artikel," petikan postingan Anies di akun Instagramnya, kemarin.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengaku beberapa pemimpin Kompas telah memberi penjelasan, bahwa penempatan foto di berita tersebut adalah kelalaian. Tidak ada niatan framing buruk.

"Memang disayangkan kesalahan mendasar seperti itu terjadi di media seperti Kompas yang pastinya memiliki mekanisme pengawasan berlapis," sesal Anies.

Baca juga : Digarap KPK Soal Formula E, Rizal: Ada Upaya Jegal Anies

Ia senang, keesokannya Kompas memasang berita baru yang menjelaskan secara lebih objektif terkait kedatangannya ke KPK. "Kompas hari ini memberi contoh kepada Kompas kemarin tentang bagaimana sebuah berita seharusnya ditulis," sebutnya.

Dalam masalah pemberitaan ini, ia mengaku mendapat banyak masukan agar melaporkan Kompas ke Dewan Pers. Tapi ia memilih sabar dan percaya kepada pemimpin Kompas.

"Saya memilih mempercayai penjelasan pemimpin di Kompas dan, walau banyak yang menyarankan, saya memilih tidak membawa masalah ini kepada Dewan Pers. Namun, saya memilih tetap menyampaikan catatan ini pada publik agar bisa menjadi pengingat bagi kita semua dalam bernegara dan berdemokrasi," terangnya.

Belum kelar soal Formula E, Anies dihantam pula oleh PSSI terkait stadion kebanggaan warga DKI yang belum lama rampung dan diresmikan: JIS. Stadion yang digadang-gadang masuk dalam top 10 dunia dan memenuhi standar federasi sepak bola dunia (FIFA) ini malah disebut tak layak menggelar FIFA Match Day antara Indonesia vs Curacao pada 27 September mendatang.

Banyak yang kaget donk. Asosiasi sepak bola Indonesia ini punya banyak catatqn, kenapa akhirnya JIS tak jadi digunakan sebagai lokasi pertandingan laga internasional itu.

Sekjen PSSI Yunus Nusi menyebutkan, pertama infrastruktur belum layak 100 persen. Temuan pihaknya, area drop off tim, sirkulasi aktivitas terkait pertandingan di outer perimeter masih menumpuk di barat utara.

Baca juga : Buntut Pemeriksaan Anies Oleh KPK, Formula E Bakal Diambil Alih Singapura

Lalu, concourse timur belum dapat digunakan. Perimeter tribune perlu pengkajian ulang, pagar perimeter di bawah concourse barat tidak kokoh) dan sarana prasarana pendukung (kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion belum sesuai standar.

"Animo penonton sangat banyak maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25 persen - 50 persen- 75 persen- 100 persen dari perhitungan maximum safety capacity," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Kedua, sarana pendukung disebut belum sesuai standar. Seperti day tampung parkir masih sangat kecil, yakni hanya 800 kendaraan roda empat. Lalu pintu stadion yang cuma satu, juga dikhawatirkan akan memakan waktu lama bagi penonton untuk keluar. Hingga plafon rendah. Kondisi ini menyulitkan bus tim tamu dan tuan rumah untuk masuk.

Selain catatan soal fasilitas, PSSI juga menyoroti biaya sewa JIS yang dinilai kemahalan. "Kendala lain adalah biaya sewa stadion yang tinggi. Tim sekelas Persija Jakarta pun lebih memilih stadion di Bekasi. Tentu juga selain karena infrastruktur yang belum memadai," tulis PSSI.

Apa tanggapan Anies? Lagi-lagi, orang nomor 1 di Jakarta itu tidak menunjukkan kemarahan. Anies hanya menjawab “pelecehan PSSI” terhadap JIS dengan senyuman. "Jawaban saya cuma senyum aja, gitu aja," kata Anies di kawasan Kota Tua, kemarin.

Dilanda banyak masalah, ternyata membawa berkah bagi Anies. Menurut riset yang dilakukan Drone Emprit, Anies menempati posisi pertama tokoh yang paling populer di media sosial. Popularitas Anies di medsos mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga : Anies Siap Diperiksa KPK Terkait Formula E

"Sedangkan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi sosok yang paling rendah popularitasnya," tulis pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi di akun Twitternya, kemarin.

Sejumlah pendukung Anies tentu gemas, jagoannya terus-menerus diserang. Salah satunya Geisz Chalifah. Menurutnya penempatan foto Anies di berita soal pembebasan bersyarat para koruptor, tidak etis.

"Selayaknya redaksi Kompas sebagai koran yang sudah sangat dewasa membuat pernyataan maaf," usulnya.

Pendukung Anies lain juga mengkritik PSSI soal JIS. "Bilang aja kalo pakai JIS takut Pamor Anies naik... Sudah baik-baik dukung PSSI demi Prestasi TimNas, eh malah bikin ulah politisasi sepakbola," tulis akun @YokoSetyoso di Twitter. "Formula E tidak disponsori BUMN lalu dipolitisasi KPK dan Kompas memajang foto diluar konteks berita. Sekarang Stadion JIS yg megah dikatakan tidak Standar FiFA. Sebegitunya Pempus, BUMN,KPK, Media dan Organisasi olahraga anti Anies," sesal @bangacoel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.