Dark/Light Mode

Banyak Yang Belum Booster

Indonesia Masih Jauh Dari Aman

Senin, 12 September 2022 07:35 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Booster. (Foto: Rizki Syaputra/RM)
Ilustrasi Vaksinasi Booster. (Foto: Rizki Syaputra/RM)

 Sebelumnya 
Berdasarkan survei serologi ketiga, capaian herd immunity atau sistem kekebalan tubuh atau antibodi masyarakat di Indonesia mencapai 98,5 persen.

Sementara untuk aman dari Covid, herd immunity harus mencapai sekitar 80 persen dari seluruh Indonesia.

Baca juga : Panjat Gedung 304 Meter Tanpa Alat Pengaman

Berarti Indonesia sudah aman dong? Ede kembali bilang, belum. Sebab, survei serologi ketiga bulan lalu hanya dilakukan di 100 Kabupaten/Kota terpilih yang tersebar di 34 provinsi.

“Herd immunity ini kan tingkatannya di negara ya, sementara di tingkat masyarakat bisa jadi belum terbentuk. Jadi segerakan vaksinasi, lalu juga tetap menjaga prokes,” tegasnya.

Baca juga : 2 Tahun Laporannya Belum Diproses, Korban Investasi Bodong Memelas Ke Kapolri

Cepat atau lambatnya fase peralihan ini sangat dipengaruhi oleh kepatuhan masyarakat untuk vaksin dan menerapkan prokes.

“Maka diperlukan kewaspadaan, sampai mayoritas masyarakat sudah betul-betul divaksin dan infeksi baru sudah berkurang di bawah 5 persen,” tandas Ede. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.