Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Plataran Bromo Xtravaganza 2022 Gabungkan Musik, Olahraga, Dan Alam

Senin, 12 September 2022 14:07 WIB
Bromo Xtravaganza 2022 sukses digelar di Plataran Bromo 10-11 September 2022. (Foto: Istimewa)
Bromo Xtravaganza 2022 sukses digelar di Plataran Bromo 10-11 September 2022. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelaran Bromo Xtravaganza 2022 sukses digelar di Plataran Bromo 10-11 September 2022. Acara puncaknya, mempersembahkan pertunjukan di atas awan. Tepatnya di Putri Dewi Amphitheater yang berada di atas bukit dengan pemandangan Gunung Arjuna.

"Acara Plataran Bromo Xtravaganza ini adalah pengalaman ikonik menikmati konser, olahraga, alam dan budaya di atas awan yang hanya terdapat di Plataran Bromo," ujar CEO and Founder Plataran Indonesia, Yozua Makes, melalui keterangan tertulis kepada RM.id, Senin (12/9).

Yozua menceritakan, acara kali ini mengolaborasikan tiga unsur seperti musik, olah raga dan iklim dengan judul ‘Dari Bromo untuk Nusantara’. Harapannya, ini bisa menciptakan suatu ekosistem dunia hiburan dan budaya di Jawa Timur.

"Juga merupakan upaya kami menggelar acara hiburan sembari menonjolkan potensi artis-artis muda, agar semakin maju dan mendapatkan kesempatan yang sama seperti para senior mereka di industri musik Indonesia," harapnya.

Baca juga : Amankan Tiket Semifinal, Fajar Rian Hajar Andalan Inggris

Puncak acara ini, katanya, menampilkan sejumlah artis top nasional dan lokal Jawa Timur. Di antaranya, penyanyi legendaris Syaharani, Trie Utami, dan artis milenial dari Surabaya, Malang dan Jakarta. Mereka tampil elok di panggung Putri Dewi Amphitheater.

Yozua menambahkan, seperti semua acara Plataran lainnya yang dekat dengan masyarakat dan komunitas lokal, acara Plataran Bromo Xtravaganza ini juga menjunjung tinggi program Plataran for the People.

Lewat Plataran UMKM Ekosistem, event ini juga menyajikan serangkaian sajian yang bahan bakunya diproduksi dan dipanen langsung dari kebun masyarakat sekitar lewat sebuah festival kuliner, beragam macam dagangan dan pernak pernik kerajinan hasil UMKM Kabupaten Pasuruan.

Acara ini juga dilaksanakan bersamaan dengan Bromo Marathon pada Minggu (11/9). Garis Start dan Finish berada di Plataran Bromo sebagai Official Race Venue.

Baca juga : Puan: HAN 2022 Momentum Tingkatkan Kesejahteraan Anak

Bromo Marathon sendiri merupakan event lari tahunan di Tosari, Kabupaten Pasuruan, yang kali ke delapan digelar tiap tahunnya. Terkecuali dua tahun pandemi Covid-19.

Adapun rute dan jalur marathon tahun ini cukup menantang dan menyajikan pemandangan menakjubkan yang menjadi ciri khas kawasan sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gelaran Bromo Marathon dilakoni 2.000 orang pelari dari 20 negara dan 7.500 penonton. Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyambut baik gelaran Bromo Marathon Tosari Pasuruan. Ini, bisa menjadi ikon atau simbol dari kegiatan even berskala internasional di Jawa Timur.

"Bromo Marathon Tosari Pasuruan terbukti memberikan banyak multiplier effect bagi aktifitas ekonomi dan menggerakkan para pelaku usaha UMKM lokal yang ada di Pasuruan," ujar Emil.

Baca juga : Pilih Figur Yang Merakyat, Rendah Hati Dan Anti Radikal

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, event ini menjadi peluang mendorong percepatan pemulihan ekonomi masyarakat dan kunjungan wisatawan.

Pemerintah daerah Pasuruan sangat berterima kasih kepada Plataran Bromo serta mendukung penuh event Bromo Marathon 2022 dan Plataran Bromo Xtravaganza 2022.

"Dengan hadirnya Plataran Bromo, keberadaan Kabupaten Pasuruan semakin dikenal, baik di Indonesia maupun mancanegara. Kami selaku pemerintah daerah dan seluruh warga Pasuruan sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari rangkaian acara ini," ujar Irsyad Yusuf. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.