Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Capres Perempuan Terkuat

Hanya Mega Dan Khofifah Lawan Puan Yang Sepadan

Rabu, 14 September 2022 07:35 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani. (Foto: YouTube)
Ketua DPR, Puan Maharani. (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani disebut sebagai satu-satunya tokoh perempuan yang menonjol dan kemungkinan besar bertarung dalam Pilpres 2024. Kalau benar, siapa perempuan penantang tangguh Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP itu untuk bertarung berebut Kursi RI 1?

Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menilai, dukungan publik terhadap sosok perempuan dalam Pilpres 2024 masih belum signifikan. “Baik pertanyaan terbuka dan semi terbuka, tokoh perempuan selalu di urutan terbawah,” kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Selain Muhaimin, Mahfud Dan Khofifah Masuk Daftar Dampingi Prabowo

Dikatakan Deni, potensi elektabilitas tokoh dalam pemilihan presiden, baik perempuan maupun laki-laki, dapat dilihat dari hasil survei dengan dua format pertanyaan yang inklusif. Yakni format pertanyaan terbuka (top of mind) dan format pertanyaan semi terbuka.

Dalam pertanyaan terbuka, responden menyebutkan pilihan secara spontan. Sementara dalam pertanyaan semi terbuka, responden diberikan daftar banyak nama untuk dipilih tapi boleh memilih nama lain yang tidak ada di dalam daftar.

Baca juga : Banteng Kudunya Berani Capresin Puan Maharani

Deni memaparkan, dalam survei nasional SMRC yang dirilis Agustus 2022, pada simulasi terbuka, Ganjar Pranowo mendapat dukungan spontan paling tinggi meraih 17,6 persen, selanjutnya Prabowo 12,6 persen, Jokowi 12,5 persen, Anies Baswedan 9,1 persen, Ridwan Kamil 4,3 persen.

Tokoh-tokoh lain, termasuk tokoh-tokoh perempuan, mendapat dukungan spontan di bawah 2 persen, dan masih ada sekitar 32,4 persen yang belum tahu calon yang mau dipilih. Tokoh-tokoh perempuan sementara ini masih mendapat dukungan spontan yang sangat kecil. Megawati hanya didukung oleh 1,2 persen, selanjutnya Puan Maharani 0,7 persen, Najwa Shihab 0,7 persen, Khofifah Indar Parawansa 0,3 persen, Tri Risma Harini 0,2 persen, dan Susi Pujiastuti 0,1 persen.

Baca juga : Pengamat: Jangan Hanya Dianggap Melawan Kehendak Partaiā€¦

Dikatakan, Puan yang memang paling realistis mendapat tiket, elektabilitasnya pun masih rendah. Namun, kata Deni, muncul sejumlah nama yang elektabilitasnya setara dan dapat menyaingi Puan. “Tapi kesimpulannya, dukungan kepada tokoh-tokoh perempuan belum ada yang signifikan dalam pertanyaan terbuka,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.