Dark/Light Mode

Pendukung Lukas Enembe Mau Demo, Tokoh Adat Papua Minta Jaga Ketertiban

Senin, 19 September 2022 12:25 WIB
Tokoh Adat Tabi, Ondo Yanto Eluay. (Foto: Ist)
Tokoh Adat Tabi, Ondo Yanto Eluay. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan pendukung Gubernur Papua Lukas Enembe berencana akan menggelar aksi unjuk rasa di Jayapura, terkait kasus yang saat ini tengah menjerat orang nomor satu di Papua itu. Massa diminta untuk menyalurkan aspirasi secara aman dan tertib.

"Saya harap supaya tidak sampai berdampak pada terganggunya situasi Kamtibmas, situasi yang tidak kondusif, yang tidak aman dan mengganggu aktivitas masyarakat baik di kota Jayapura maupun Kabupaten Jayapura," kata Tokoh Adat Tabi, Ondo Yanto Eluay, Minggu (18/9).

Menurut dia, semua masyarakat Papua khususnya di Kota dan Kabupaten Jayapura harus menghargai upaya masyarakat adat Tabi untuk menjaga Kamtibmas. Utamanya dalam mempersiapkan event nasional Kongres Masyarakat Adat Nasional pada Oktober mendatang.

Baca juga : KPK Cegah Gubernur Papua Lukas Enembe Ke Luar Negeri

Pada kongres masyarakat adat Nusantara tersebut Kabupaten Jayapura dan kota Jayapura akan jadi tuan rumah. "Jadi kami himbau lagi, jangan membuat situasi yang tidak aman, tidak nyaman di sini. Seluruh masyarakat adat di nusantara akan berdatangan untuk kegiatan itu," bebernya.

Pihaknya juga meminta dukungan seluruh masyarakat di Papua, agar agenda yang rencananya dibuka oleh Presiden Joko Widodo tersebut berlangsung aman. Sebagai masyarakat adat di kota maupun kabupaten Jayapura, dia meminta kepada semua masyarakat untuk mendukung kegiatan itu, dengan menciptakan keamanan ketertiban dan situasi yang kondusif agar tidak meresahkan peserta dari seluruh Nusantara yang akan hadir.

"Silakan bagi para pendukung yang akan memberikan dukungan moril dilakukan secara santun dan bermartabat dan menjaga marwah kita masyarakat adat Papua dan turut mensukseskan kongres masyarakat adat Papua," sambungnya.

Baca juga : Kementan Dukung Pengembangan Agropreneur Milenial Cabai Katokkon

Terkait kasus yang dialami oleh Lukas Enembe, Ondo Yanto meminta semua pihak hendaknya taat terhadap hukum yang berlaku. Pasalnya, kata dia, penegakan hukum kasus-kasus Korupsi di Papua adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Papua sendiri.

Dia mendukung penegakan hukum di Papua. Menurut dia,   institusi yang melakukan penegakan hukum di Papua seperti KPK Polri maupun Kejaksaan harus didukung sama-sama karena apa yang mereka lakukan itu dalam rangka mensejahterakan masyarakat Papua

"Mengawasi penyalahgunaan dana-dana untuk kemajuan masyarakat Papua ini adalah hal prinsip, dan yang saya pikir semua masyarakat Papua harus sadar untuk mendukung penegakan hukum itu," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.