Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesawat Yang Ditumpanginya Muter 360 Derajat

Jokowi Selamat Sampai Jerman

Selasa, 28 Juni 2022 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) disambut oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz saat tiba di lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman (Senin (27/6/2022). (ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/Handout/sgd/rwa).
Presiden Joko Widodo (kiri) disambut oleh Kanselir Jerman Olaf Scholz saat tiba di lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman (Senin (27/6/2022). (ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/Handout/sgd/rwa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi terbang ke Munich, Jerman untuk memulai misi perdamaiannya, Minggu (26/6) pagi. Namun, saat berada di langit perbatasan Turki-Iran, pesawat Garuda Indonesia yang ditumpanginya muter 360 derajat. Pihak Garuda dan Istana memastikan penerbangan Jokowi aman-aman saja.

Di Jerman, Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. Setelah dari Jerman, Jokowi akan mengunjungi Ukraina dan Rusia. Kehadiran Jokowi di kedua negara yang sedang berperanga itu, untuk memulai misi perdamaiannya.

Jokowi tidak sendiri. Selain ditemani Ibu Iriana, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca juga : Induk Perusahaan FPNI Ekspansi Bisnis Material Baterai, Kerja Sama Dengan Elon Musk?

Jokowi menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan kode GIA-1. Pesawat itu lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta pukul 10.36 WIB, dijadwalkan sampai di Munich International Airport pukul 19.00.

Namun, saat di wilayah Iran dan hendak memasuki Turki, pesawat yang ditumpangi Jokowi berputar 360 derajat. Setelah itu, pesawat baru menuju Munich.

Soal berputarnya pesawat Jokowi pertama kali disampaikan oleh pengamat penerbangan Gerry Soejatman di akun Twitternya @GerryS, Minggu (26/6) pukul 8 malam. Dia mengunggah tangkapan layar dari flightradar24 posisi pesawat GA1 Boeing 777-3U3. Dalam unggahan Gerry terlihat posisi pesawat Garuda yang memutar 360 derajat.

Baca juga : Prabowo, Hadi, Sofyan, dan Lutfi Menghadap Jokowi Sore Ini

Gerry pun mempertanyakan kenapa pesawat yang membawa Jokowi berputar 360 derajat di perbatasan Iran-Turki. Padahal, kata dia, pesawat ini VIP karena membawa rombongan presiden.

“Kita masih tidak tahu kenapa muter di perbatasan Turki-Iran, namun “biasanya” berputar atau holding di perbatasan alasannya adalah masalah flight permit atau flight approval melintas di atas negara yang akan dilalui.

Lha, tapi ini kan pesawat bawa VIP/ #presiden! Kok bisa?” tanyanya. Gerry curiga, berputarnya pesawat bukan karena belum ada flight permit/ approval untuk melintas di atas Turki. Dia curiga, ATC Turki bingung, antara pesawat 737 kepresidenan dan 777.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.