Dark/Light Mode

Cagub DKI Dari Banteng

Gibran Tak Keluar Dari Mulut Hasto

Sabtu, 24 September 2022 07:30 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara).
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Dalam salah satu diskusi, Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga juga sempat membocorkan dua nama yang berpotensi diusung menjadi calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024 mendatang. Satu diantaranya adalah Gibran. Satunya lagi, Risma.

Selain itu, nama Gibran juga muncul dalam berbagai survei. Salah satunya dirilis oleh Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Juni lalu.

Dari 10 nama yang disurvei, Gibran nangkring di urutan 7. Di atas Ahmad Riza Patria, Nusron Wahid dan Ahmad Sahroni. Tiga besar teratas adalah Ridwan Kamil, Erick Thohir dan Tri Rismaharini.

Baca juga : Riza Bisa Gandeng Gibran

Gibran juga sempat angkat bicara soa kemungkinannya maju di Pilgub DKI saat menjadi pembicara di forum HIPMI pertengahan Mei lalu di Jakarta. Ia mengaku tergantung arahan senior.

Pakar komunikasi politik, Lely Arrianie menilai pilihan PDIP tidak memasukkan Gibran dalam bursa cagub DKI sudah tepat. Menurutnya, karir politik Gibran akan lebih cantik dan meritrokrasi jika dimatangkan terlebih dahulu di Jawa Tengah (Jateng). Sebelum masuk ke kancah politik Jakarta.

"Gibran itu mungkin setelah jadi Gubernur Jateng, baru ditarik ke DKI. Bisa juga kemudian dilirik jadi capres. Karena dia bisa lebih memposisikan diri. Bukan hanya karena bapaknya presiden. Lho, AHY gak kepilih, anaknya Wapres Ma'ruf gak kepilih, tapi Bobby dan Gibran kepilih, itu rakyat yang memilih," kata Lely tadi malam.

Baca juga : WNI Di Karachi Tampung 40 Keluarga Korban Banjir Pakistan

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai 3 nama yang disebut Hasto adalah pilihan rasional. Karena ketika Pilgub berlangsung, Jokowi tidak lagi menjabat sebagai presiden. Sehingga peluang Gibran menang di Jakarta diprediksi semakin kecil.

Netizen pro-kontra, merespons tak masuknya nama Gibran dalam bursa Cagub DKI yang diusung PDIP. Akun @setiakawan25 berharap Gibran maju di DKI. "Gibran @gibran_tweet maju aja jd Cagub DKI. Selesai udah," harapnya. "RG tawarin mas Gibran CAGUB DKI 2024 dan RG siap jadi CAWAGUB," timpal @RikardusPande.

Akun @wongpinter2019 malah mengkritik nama Wali Kota Semarang yang dijagokan masuk bursa Cagub DKI. "Gak mampu @PDI_Perjuangan, atasi banjir semarang dan urus trans semarang saja tidak mampu si @hendrarprihadi, mending @HidayatDjarot atau Budiman Sudjatmiko," nilainya. "Dari kota mau tenggelam ke kota mau tenggelam lainnya," sindir @KarimArdianto.

Baca juga : Penumpang Girang, Tak Khawatir Pulang Malam

Sementara akun @achmad_kusnanto berharap Jakarta ke depan dipimpin oleh warga asli. "Lah.... Bukanya udah bukan jadi Ibukota lagi ya? Berarti Provinsi Jakarta. Btw mang putra Jakarta kaga ada yg mumpuni apa ya, jadi mesti import dari luar..," harapnya. "Siap siap kalah lagi. Bukannya meremehkan, tapi untuk Jakarta calon nya harus yg dikenal secara nasional dengan prestasinya," cibir @GUSTI_ KUR1971. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.