Dark/Light Mode

Anggaran Naik Jadi Rp 624 Miliar

BSSN Diminta Serius Tangani Data Bocor Dan Serangan Siber

Senin, 26 September 2022 06:45 WIB
Badan Siber dan Sandi Negara. (Foto: Istimewa).
Badan Siber dan Sandi Negara. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Ketua Umum DPP PKB ini mendorong BSSN tidak ragu merekrut tenaga profesional dan juga ahli teknologi informasi sebanyak mungkin. “Yang penting upgrade teknologinya,” kata Imin.

Akun @KHFAJAR mengunggah foto yang berisi berita persetujuan DPR atas anggaran besar untuk BSSN. Dia bilang, persetujuan anggaran merupakan misi komplit (mission complete).

“Bjorka membawa rezeki juga, hihi,” ujar @NovalAssegaf.

Akun @Sumpol menduga, Bjorka merupakan orang dalam untuk menaikkan anggaran. Tidak semua orang tahu, bisa saja manipulasi data biar gaduh untuk tujuan tertentu.

Baca juga : BSSN Diceramahi Imin

“Bjorka itu hanya settingan saja buat nambah anggaran BSSN,” kata @Semar41158158.

Akun @Ghazy_Seabed menyebut, kehadiran Bjorka membawa berkah bagi BSSN.

“Sudahlah, Bjorka itu memang settingan mereka juga buat nutupin isu yang lain,” tambah @mwrvelx.

Menurut @sumoburloff, apa yang diretas Bjorka hanya data biasa saja, tidak ekstrem, misal menyadap telepon presiden dan menteri. Sehingga, tidak perlu penambahan anggaran untuk BSSN.

Baca juga : Kendaraan Dinas Jadi Mobil Listrik, Pemerintah Siapkan Aturannya

Akun @Sukirna mengatakan, hal mendesak yang perlu dibenahi BSSN adalah SDM (Sumber Daya Manusia). Seharusnya, orang berkompeten yang ditambah, bukannya anggaran.

“Tapi sekarang memang ada ya yang nggak tergiur sama anggaran a.k.a money. Semua ditaklukkan,” ujarnya.

Senada dilontarkan @Nurhidayantoo. Kata dia, bukan anggarannya yang harus di-upgrade, tapi isi otak orang yang ada di BSSN harus di-upgrade.

Bahkan, kata @HFibrianto, kalau kualitas orang-orang BSSN itu-itu saja, percuma. “Tambah yang lebih kompeten dan ahli,” sarannya.

Baca juga : Tarif Batal Naik, Pengusaha Angkutan Sungai Dan Penyeberangan Gigit Jari

Sementara, akun @6undul0h menilai, tidak ada korelasi antara Bjorka dengan penambahan anggaran BSSN. Hal itu murni karena kebutuhan BSSN yang semakin besar mengamankan data.

Akun @77___nfc mengungkapkan, tambahan anggaran untuk BSSN hal wajar. “Biaya keamanan data emang mahal, nggak mungkin nggak keluarin uang tambahan,” ungkapnya.

Akun @s_mulyatie yakin, penambahan anggaran ini bisa membuat BSSN bekerja lebih maksimal dan mampu mengamankan data dari serangan hacker. “Kesempatan emas itu tidak akan pernah datang dua kali, karenanya manfaatkan sebaik mungkin,” ujarnya.

“Semoga dengan disetujuinya anggaran ini, BSSN bisa bergerak cepat dan tidak akan terjadi lagi kebocoran data akibat serangan siber di kemudian hari,” harap @masakoyayam. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.