Dark/Light Mode

Hasil Survei CSIS Di Kalangan Pemilih Pemula, Jika Duel Head To Head

Ganjar Vs Anies Selisih 3,9 Persen

Selasa, 27 September 2022 07:00 WIB
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat ini punya elektabilitas tertinggi dibanding capres lain seperti Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Namun, kalau ternyata Pilpres 2024 hanya menyajikan dua pasang calon dan Ganjar harus duel head to head dengan Anies maka selisihnya hanya 3,9 persen. Yang keluar sebagai pemenang bukan Ganjar, tapi Anies.

Kemenangan Anies atas Ganjar dalam duel head to head mengacu pada hasil survei yang dilakukan lembaga Survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 8-13 Agustus 2022. Respondennya berusia 17 sampai 39 tahun yang diasumsikan sebagai pemilih muda.

Baca juga : Pasca Deklarasi, Prabowo Menguat, Ganjar Anies Mandeg, Sandi Anjlok

Penarikan sampel dalam survei CSIS ini menggunakan multistage random sampling terhadap 1.200 responden di 34 provinsi. Margin of error sebanyak +/-2,84 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes menjelaskan kenapa Anies bisa mengalahkan Ganjar. Fenomena ini mengundang pertanyaan, karena dalam banyak simulasi survei, Anies kalah jauh dengan Ganjar. 

"Karena ada perpindahan dukungan pemilih dari calon-calon sebelumnya, kalau dari ini dari pemilihnya Pak Prabowo, pemilihnya Mas Sandi (Sandiaga Uno) dan Pak Ridwan (Ridwan Kamil) segala macam," kata Arya dalam rilis survei bertajuk Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi, kemarin.

Baca juga : Musuh Anies Kecele

Dalam survei itu, kemenangan Anies dalam duel dengan Ganjar sebesar 3,9 persen. Meskipun tipis, Arya menilai temuan ini perlu diwaspdai oleh pendukung Ganjar. Apalagi jika skenario dua pasang calon terealisasi dan memunculkan dua nama ini.

Jika itu terjadi, CSIS mencatat Anies membukukan elektabilitas 47,8 persen. Sementara Ganjar mengantongi suara 43,9 persen. Sisanya, 0,8 persen belum menentukan pilihan dan 7,6 persen lainnya tidak menjawab atau rahasia.

Tak hanya dengan Ganjar, Anies juga unggul ketika head to head dengan Prabowo. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) periode pertama Jokowi ini meraup 48,6 persen suara. Sementara Menteri Pertahanan di periode kedua Jokowi ini memperoleh 42,8 persen suara. Sisanya 0,3 persen belum menentukan pilihan dan 8.3 persen lainnya tidak menjawab, tidak tahu dan rahasia.

Baca juga : Sulit Digeser, Elektabilitas Ganjar, Prabowo, Anies Masih Teratas

Menariknya, tingkat dominasi Anies versus Prabowo lebih tinggi dibandingkan saat melawan Ganjar. Selisih antara keduanya mencapai 5,8 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.