Dark/Light Mode

Hasil Survei CSIS Di Kalangan Pemilih Pemula, Jika Duel Head To Head

Ganjar Vs Anies Selisih 3,9 Persen

Selasa, 27 September 2022 07:00 WIB
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)
Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Selisih paling tipis adalah ketika simulasi head to head antara Ganjar versus Prabowo. Ganjar hanya unggul 2,2 persen dari Prabowo. Dengan elektabilitas masing-masing 47,2 persen berbanding 45 persen. Responden yang tidak menentukan pilihan 0,3 persen, sementara yang tidak menjawab, tidak tahu dan rahasia mencapai 7,5 persen.

Namun, dalam banyak simulasi lain, Ganjar juara. Misalnya dalam simulasi 3 nama. Kader Banteng ini mengantongi elektabilitas 33,3 persen. Pesaingnya di urutan kedua, yakni Anies Baswedan 27,5 persen. Di urutan buncit yakni Prabowo membukukan 25,7 persen. Sisanya, 7,9 persen memilih lainnya, 0,8 persen tidak menentukan pilihan dan 4,9 persen tidak menjawab atau rahasia.

Ganjar lagi-lagi unggul di simulasi 7 dan 14 nama. Masing-masing ia membukukan 26,9 persen dan 25,9 persen suara. Di dua simulasi ini, Prabowo menyegel posisi kedua dengan torehan 20,1 persen dan 19,2 persen suara.

Baca juga : Pasca Deklarasi, Prabowo Menguat, Ganjar Anies Mandeg, Sandi Anjlok

Sementara Anies kegocek ke urutan 3 di dua simulasi tersebut. Di simulai 7 nama, Anies membukukan elektabilitas 19,9 persen, di simulasi 14 nama 18,1 persen.

Apa tanggapan relawan ketiga ditanya jagoannya keok saat duel dengan Anies?

Ketua Ganjar Pranowo (GP) Mania, Immanuel Ebenezer menilai temuan survei CSIS ini jadi pelecut bagi para relawan untuk bekerja lebih keras lagi. Namun, Noel-sapaanya tetap yakin, jagoannya itu bakal menang siapun yang akan jadi lawannya di Pilpres 2024.

Baca juga : Musuh Anies Kecele

"Faktanya hampir semua survei mas Ganjar unggul. Tapi enggak apa-apa itu jadi pelecut juga buat kami, buat semakin termotivasi," kata Noel saat dihubungi semalam.

Berbeda dengan Noel, hasil survei CSIS itu bikin relawan Anies kegirangan. Ketua Umum Relawan Anies dari Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI), Syarief Hidayatullah menilai hasil simulasi head to head Anies versus Ganjar, adalah fakta lapangan saat ini. Ia optimis, dengan siapapun diadu, Anies akan menang telak.

"Rakyat Indonesia sudah sangat merindukan pemimpin yang amanah. Terbukti Anies telah membuat Jakarta lebih maju dari kota-kota besar lainnya di dunia," kata Syarief ketika dikonfirmasi tadi malam.

Baca juga : Sulit Digeser, Elektabilitas Ganjar, Prabowo, Anies Masih Teratas

Ia mengaku telah melakukan riset ke daerah-daerah. Ia sudah turun ke 34 provinsi dan 200 lebih kabupaten. "Hasilnya, Anies sangat digandrungi oleh masyarakat desa, kampung-kampung termasuk dari kalangan pejabat. Mereka menyampaikan Anies harus maju," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.