Dark/Light Mode

Disebut Kalah Siap Dibanding PDIP

Pentolan KIB Ngaku Heran

Selasa, 27 September 2022 08:00 WIB
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi.  (Foto: Dok. DPR)
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi. (Foto: Dok. DPR)

 Sebelumnya 
Sedangkan Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Nurul Arifin menanggapi santai hasil survei ini. Nurul malah menyitir hasil Survei Litbang Kompas yang menyebut bahwa 62,4 persen responden yakin koalisi partai politik yang terbentuk saat ini sangat berpeluang berubah.

“Angka itu saja pegangannya. Semua koalisi masih cair. Kami malah masih membuka ruang untuk bergabungnya partai lain. Kami tidak terganggu dengan hasil survei. Semua kita jadikan bahan evaluasi,” tuturnya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Disebut Patungan Beri Uang Lembur, Togar Keberatan

Diketahui, Survei Litbang Kompas teranyar menyebutkan, poros PDI Perjuangan dinilai sebagai poros koalisi yang paling siap menghadapi pemilu 2024, dibandingkan tiga koalisi partai lainnya.

Pengumpulan pendapat Litbang Kompas ini dilakukan 6-8 September 2022 dengan jumlah responden sebanyak 504 responden dari 34 provinsi. Responden diwawancara melalui sambungan telepon.

Baca juga : Mending Parpol Pelototi Pemilu Supaya Jurdil Noh

Berdasarkan survei Litbang Kompas, 24,8 persen responden menyebutkan PDI Perjuangan adalah partai yang paling siap. Diikuti responden yang memilih poros Gerindra dan PKB sebesar 15,5 persen, poros Gondangia yakni Demokrat, Nasdem, dan PKS 12,4 persen, dan poros KIB yakni Golkar, PAN, PPP sebesar 7,6 persen.

“Dari empat poros ini, PDI Perjuangan dipandang sebagai poros yang paling siap menghadapi Pemilu 2024. KIB yang paling terendah kesiapannya,” kata Peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu dalam rilis surveinya.

Baca juga : Alpukat Pameling Siap Bersaing Di Pasar Internasional

Dikatakan, menakar soliditas koalisi partai politik saat ini dinilai masih sangat cair. Hal ini tidak lepas dari kepastian siapa sosok pasangan capres-cawapres yang diusungnya.

Dalam survei yang sama, didapati pula sebanyak 62,4 persen responden Litbang Kompas percaya koalisi tersebut akan berubah karena pemilu masih lama. Sementara 25,1 persen responden menyatakan tetap solid. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.